LIMA ALBUM METAL INDONESIA TERBAIK 2023

Tempo hari ditodong bikin daftar lima album metal Indonesia terbaik 2023 oleh sebuah media online. Agak susah memerasnya jadi lima, tapi akhirnya saya rekomendasikan karya-karya rekaman di bawah ini:

MORGENSOL – ETERNAL
Album ini mengusung teritori post metal dalam batas yang pas. Berselimut dengung yang menghentak, petikan lirih dan melodi panjang. Terasa gelap dan mengawang di segala sisi. Menambah kadar pekat pada langit-langit Jakarta yang telah sarat polusi dan emosi.

VLAAR – BLEKMETAL
Black metal setelan purba. Suntikan heavy metal dosis tinggi. Kaos band butut. Jins belel. Jaket kulit. Sabuk peluru. Spike berduri. Hingga Bathory bisa hentikan perang. Varg Vikernes masuk PNS. Atau Venom pasrah akan album ini. Oke, Blekmetal itu (bukan) lelucon.

CELESTIAL – BROKEN VOWS & THE UNSPOKEN TRUTH
Album bagus bisa saja muncul dari gorong-gorong yang lembab di kota Bogor. Ini death metal yang dipacu dengan kekuatan ekstrim, disertai tata progresi dan melodi yang pas. Intensitas juga dipertaruhkan dan Celestial terbukti bisa mengatasinya.

MTAD – DEKADE PEMBANGKANGAN
Industrial metal dengan daya dobrak cyber punk yang mengancam. Berbalut narasi perlawanan dan kepalan tangan. menyalakan mesin pembangkangan dan semburkan api. Album ini dilumuri itu semua. Lupakan ATR, kita masih punya MTAD!

SOULLESS – THE SUPREME RESURGENCE
Proyek yang dikerjakan oleh satu orang penuh talenta dari Sumatera Barat. Indah sekaligus depresif. Sebagaimana blackgaze yang merangkul nada-nada atmosferik. Emosionil. Cocok diputar selepas jam dua dini hari dengan kewaspadaan tingkat tinggi.

Leave a comment