Rock N’ Roll Defender

alez

Alexi Lalas – Sang Pemain Bola

Silakan ketik nama “Alexi Lalas” di kolom mesin pencarian. Apa hasilnya?

Oke, sudah jelas. Tentu saja yang muncul adalah sederet informasi tentang salah satu pemain sepakbola asal Amerika Serikat. Ya, pemain belakang timnas USA itu memang cukup fenomenal selama turnamen World Cup ’94 silam.

Ya orang nyentrik itu – yang rambutnya gondrong, brewok, dan suka pake ikat kepala. Dulu namanya cukup mentereng dan populer, meski cuma sekedar ‘one-hit-wonder’ di turnamen tersebut. Selebihnya, tidak terlalu berhasil dalam petualangannya di Serie A Italia saat bergabung dengan Padova dan beberapa klub pada liga MLS di negaranya.

Saya pun hanya mengenal Alexi Lalas sebagai pemain sepakbola, tidak lebih.

Sampai pada suatu ketika…

Beberapa pekan yang lalu, saya mampir ke sebuah lapak kaset bekas di seputar Stadion Gajayana, Malang. Mata saya menelusuri dengan cermat pada jajaran kaset yang ada di sana. Sampai kemudian mata saya terhenti pada satu kaset bersampul coklat yang ada di pojok atas.

Loh, kok ada tulisan Alexi Lalas di sampulnya. Eh, itu kan pemain bola, batin saya.

Lalu saya ambil kaset itu. Tidak salah lagi, wajah yang ada di sampul album berjudul Ginger itu memang Alexi Lalas – yang sudah saya hapal sejak 1994 silam. Loh, ini orang nyanyi?

Oke, ini penemuan yang menarik bagi saya yang doyan mengumpulkan ‘sesuatu’ yang punya relasi kuat antara musik dan sepakbola. Tentu saja, kaset Ginger itu saya beli dan bawa pulang.

“Sepuluh ewu ae. Wes suwe iku gak payu-payu…” kata sang penjual kaset.

Sampai di rumah, saya langsung putar kasetnya sembari browsing sana-sini mencari informasi soal kenekatan Alexi Lalas bermusik ini.

Alexi Lalas Playing His Guitar

Alexi Lalas – Sang Rock Star

Jadi, selain main bola, ternyata aktifitas lain Alexi Lalas adalah bermusik. Begitu yang saya cek dari beragam informasi di internet. Ia bahkan sempat merilis tiga album solo di jalur alternative rock.

Kaset yang saya beli ini adalah album solo pertamanya, bertajuk Ginger yang dirilis tahun 1998. Konon, Alexi Lalas juga pernah membentuk band bernama The Gypsies, yang sempat tur bareng Hootie & The Blowfish di Eropa.

Namun kalau dipikir-pikir, karir musik Alexi Lalas – seperti prestasi timnas USA – tampak biasa-biasa aja. Tidak begitu gemilang. Tapi selera musiknya boleh juga.

Oya, kebetulan situs Detiksport juga baru bahas soal sosok yang nyentrik ini. Cek saja di sini.

Leave a Reply

