Rotasi Konsumsi ; Of Course I’m Home. I’m uncool.

lesterback

source; theuncool.com 

“The only true currency in this bankrupt world is what we share with someone else when we’re uncool.” – Lester Bangs, Almost Famous.

Sepekan terakhir saya lebih banyak di rumah saja, dan jarang keluar. Gak keren ya. Bukan apa-apa, cuma karena lagi sering hujan. Lagipula, memang banyak kerjaan di depan laptop. Setidaknya, saya jadi punya banyak waktu juga untuk menikmati berbagai hiburan di kamar…

Hei, mari kita awali dengan kabar baik. Mastodon baru rilis singel baru “Sultan’s Curse” untuk bakal albumnya Emperor of Sand. Seru musiknya, makin melangit dan menuju level berikutnya. Di hari yang sama kemarin, Pallbearer juga rilis nomor anyar “Thorns” jelang album Heartless. Ini juga bahaya. Well, tahun 2017 baru saja dimulai dan musik metal sudah mulai menyenangkan.

Akhirnya saya mendapatkan kaset Keramat album Vomiting Hatred, hasil barter dengan seorang kawan di Bandung. Boleh dibilang ini album terbaik dari unit veteran death metal asal Malang tersebut. Direkam dalam formasi terbaik mereka pula – Mentho, Inzar, Johan, dan Eko. Ketika itu, lagu kover “Ricochet” milik Rykers cukup fenomenal di setiap show Keramat. Selepas album ini, Keramat mulai kesulitan menemukan bentuk terbaiknya kembali – dalam bermusik maupun line-up yang kerap berganti.

Oh ternyata tanggal 25 januari 2017 kemarin, album debutnya Skidrow genap berusia 28 tahun. Saya baru tahu dari postingan Nuran Wibisono di Facebook dan tweet sejenis di timeline. Skidrow adalah salah satu album favorit yang turut membentuk selera telinga saya di masa awal remaja. Terdengar badung, bengal, cantik, sekaligus cheesy. Ini album yang dari dulu selalu ada di rak koleksi saya – bersama Appetite For Destruction, Flesh & Blood, dan Dr.Feelgood – meskipun kudu beli berkali-kali akibat rusak atau hilang.

Lair of The Minotaur
1. Carnage (2004, Southern Lord Records)
2. Cannibal Massacre EP (2005, Southern Lord Records)
3. The Ultimate Destroyer (2006, Southern Lord Records)
4. Evil Power (2010, The Grind-House Records)
Ya, saya baru saja memborong empat album Lair of The Minotaur di atas dalam format CD, plus sekeping DVD bertajuk War Metal Battle Master (2009, Southern Lord Records), dari seorang sobat di Bandung. Mumpung ada dan harganya cukup bersahabat. LoTM terdengar bengis, barbar, purba dan seksi dalam racikan thrash/black/death yang penuh darah. Semalam, mulai menjadi heavy rotation di stereo set saya.

Sementara, saya masih sampai di dua-pertiga bagian dari buku Memahami dan Menikmati Jazz karya John F. Szwed. Ini masih dalam rangka belajar mengenali sejarah musik jazz – akibat menonton film La La Land, tempo hari. Saya baca santai dan perlahan, sembari browsing internet mencari lagu atau video yang disebutkan dalam buku itu. Oya, Duke Ellington itu sangar juga yah.

Saya baru saja menyelesaikan buku George’s Cosmic; Treasure Hunt karangan Lucy dan Stephen Hawking, setelah tiga malam. Buku yang asyik dan sangat menghibur. Saya suka sekali dengan narasinya yang ringan dan mudah dipahami, karena memang untuk konsumsi anak-anak. Tapi saya yakin tidak banyak orang dewasa yang paham soal alam semesta. Saya kok ragu kalau anda tahu soal Hubble’s Law, Persamaan Drake, Efek Doppler, atau Zona Goldilocks?

Uhm, mungkin untuk ke-37 kalinya saya menonton kembali Almost Famous garapan sutradara Cameron Crowe. Saya selalu memutar film ini sekedar untuk membangkitkan kembali gairah menulis musik dan bagaimana cara kerja jurnalis rock. Kali ini saya agak fokus pada setiap adegan Lester Bangs, yang diperankan dengan sempurna oleh Philip Seymour Hoffman. Saya juga jalan-jalan menengok situs The Uncool milik Cameron Crowe dan membaca banyak hal menarik tentang film ini. Quote favorit sudah saya kutip di bagian teratas tulisan ini.

Stay at home. Forever.

Leave a Reply

