filastine-kexp4
Filastine di KEXP

Menjadi pencapaian terbaru mereka diundang tampil di sebuah stasiun radio legendaris di Amerika Serikat.

Pada sela-sela turnya di Amerika Serikat sepanjang bulan Mei hingga Juni 2016 kemarin, Filastine berkesempatan melakoni sesi live performance di KEXP, sebuah stasiun legendaris yang berbasis di kota Seatlle. Pertunjukan spesial duo elektronik lintas negara yang terdiri dari Grey (US) dan Nova Ruth (Indonesia) itu dilakukan di studio KEXP pada tanggal 23 Mei 2016 silam, serta ditayangkan langsung secara live streaming ke seluruh dunia.

Sepanjang bulan Mei-Juni 2016, Filastine melakoni tur panjang di beberapa kota di Amerika Serikat. Mereka tampil dalam berbagai jenis pertunjukan di sejumlah daerah seperti Brooklyn, Washington, Chicago, Santa Fe, Seatlle, Tucson, dan masih banyak lagi. Konon, saat itu seorang Disc Jockey dan host KEXP sempat hadir menonton salah satu konser Filastine. Ia terkesima dan tertarik dengan visi bermusik Filastine, kemudian mengundang Grey dan Nova Ruth untuk tampil eksklusif di stasiun radio KEXP.

Hasil rekaman video penampilan Filastine kemudian diunggah oleh KEXP melalui kanal YouTube resminya sejak tanggal 24 Juni 2016 lalu. Di situ Filastine membawakan lima komposisi musik, di antaranya “The Miner”, “Sixty Cycle Drum”, hingga “Murka”. Di sela penampilannya tersebut, Filastine juga diajak berbincang bersama host Chilly A.K.A Will Myers. Dalam sesi wawancara, Grey dan Nova Ruth memaparkan soal histori Filastine, bagaimana mereka berdua bisa bertemu dan bekerjasama, visi dan isu apa saja yang diusung dalam proyek musiknya, serta pengalaman mereka menjalani tur ke berbagai pelosok dunia.

KEXP 90.3 FM adalah sebuah stasiun radio independen yang berbasis di kota Seatlle, Amerika Serikat. Sejak berdiri di tahun 1972, KEXP cukup berjasa mengekspos sederet nama baru dan potensial di kancah musik alternative rock, indie rock, rockabilly, reggae, blues, world music, hip hop, electronica, punk, hingga country.

Keberadaan radio ini dianggap cukup penting dan legendaris bagi kalangan musisi independen dunia. Pada era awal 90-an, KEXP bahkan dianggap sebagai salah satu corong utama yang ikut mengangkat genre musik grunge dengan karakter khas Seattle Sound-nya. Sejumlah nama penting yang pernah diundang tampil dalam program KEXP antara lain ada Soundgarden, Mudhoney, Patti Smith, Pixies, They Might Be Giants, dan masih banyak lagi.

Cukup banyak musisi dan seniman dunia yang bermimpi untuk bisa tampil di stasiun radio yang legendaris tersebut. Mendapatkan kesempatan tampil di KEXP bakal menjadi suatu catatan pencapaian tersendiri bagi Filastine. Seperti yang diungkapkan Nova Ruth melalui status Facebook-nya, “Saya nggak pernah mimpi masuk TV, tapi selalu mimpi untuk masuk daftar seniman yang dipilih KEXP dan bersyukur sudah terwujud…”

 

Video penampilan komplit Filastine di KEXP bisa ditonton melalui tautan berikut;

Foto-foto Filastine di KEXP jepretan Patrick Luhrs bisa dicek melalui tautan berikut;

Filastine + Nova