jesun

Menyimak kembali album-album favorit sepanjang 2015, lalu mengenalkan Leftyfish serta kolaborasi Jesu bersama Sun Kil Moon.

Ya, nama program radio ini Sesikopipait, On Air! Dikasih nama demikian supaya bisa related sama blog ini. Ide dan bahan-bahannya juga banyak saya ambil dari tulisan di blog ini. Simpel.

Konsep program Sesikopipait, On Air! ini biasa saja, sekedar memutarkan playlist lagu-lagu yang (menurut saya) menarik dan bermutu – baik dari khazanah lokal sampai mancanegara. Kalo ada singel, demo atau album anyar karya musisi domestik juga seru untuk diulas, kayaknya.

Tiap pekan juga diusahakan ada isu tematik yang diangkat. Eh, tidak janji juga sih. Sebab kadang random dan bebas tanpa isu pun tidak masalah. Tenang, saya tidak akan selalu bicara di depan mic dalam mengasuh program siaran ini. Kuatir suara saya terdengar fals. Malah besar kemungkinan, saya hanya membajak frekuensi radio sekaligus dengan akun twitter @koalisinada, dan langsung ‘menyampah’ di sana. Pantau saja timeline-nya, dengarkan radionya.

Namun, mungkin sesekali akan saya ajak kolega, kawan, tamu atau narasumber untuk berbincang. Itu kalau ada yang bersedia diajak nimbrung. Jikalau ada talkshow terdengar lebih seru, bukan?!

We’ll see what happen next.

Untuk nanti malam, edisi 20 Januari 2016, saya akan memutar beberapa track yang diambil dari list album favorit pilihan saya sepanjang tahun 2015 – baik dari ranah domestik maupun mancanegara. Daftar albumnya sudah pernah saya tulis pada bagian lain di blog ini, klik di sini dan di sana.

Jadi bakal ada Deafheaven, Faith No More, Elder, GYBE, Baroness hingga Kylesa. Dari dalam negeri, ada Efek Rumah Kaca, Barasuara, Intenna, Silampukau hingga Beeswax, sampai Sigmun dan Rottenomicon.

Saya juga akan memutarkan sealbum You, Fish! milik Leftyfish, unit jazz yang bising dan bergerinda (atau grind yang jazzy?) asal kota Jogja. Musiknya menarik, terlebih jika anda suka Naked City, Melt Banana, Cephalic Carnage, atau segala proyeknya John Zorn. Album yang efisien, menggemaskan, sekaligus beringas.

Kemudian, ada satu album favorit saya bulan ini. Jesu / Sun Kil Moon mungkin merupakan proyek split paling ambisius di tahun 2016 – atau kita lihat saja sisa 11 bulan ke depan. Kedua pentolan, Justin Broadrick dan Mark Kozelek, sudah bekerja baik dalam 10 track yang memikat. Ini sungguh album yang indah. Akan saya putarkan 3-4 lagu saat siaran nanti. Sumpah.

Well, gitu aja sih. Sampai jumpa Rabu malam di frekuensi radio tanpa antena, Koalisi Nada.

Rock on,
DJ Lvcifersam

* Sesikopipait, On Air! selalu mengudara rutin melalui radio online Koalisi Nada, setiap hari Rabu mulai jam 9 malam hingga segelas kopi habis. Klik di koalisinada.caster.fm untuk streaming, pantau akun twitter @koalisinada untuk detilnya.