davidlemmy
pic taken from netz

Sedikit epos tentang Lemmy Kilmister dan David Bowie yang mungkin sedang ‘jamming’ di surga, neraka, atau sebuah tempat di antara itu.

Meski bukan penggemar fanatik Motorhead, tapi selaku bocah yang tumbuh dan besar bersama bersama musik rock & metal sejak era 90-an, sepertinya tidak ada alasan bagi saya untuk tidak menyukai Motorhead, terutama pada sosok Lemmy Kilmister. Sungguh, betapa durhaka anak metal yang tidak doyan Motorhead. Ace of Spades adalah lagu kebangsaan kami di jamannya. Bahkan hingga sekarang, ketika Seringai kerap mengkovernya saat live.

Kalau David Bowie, sejujurnya baru saya gemari belakangan. Kenal sudah lama melalui Nine Inch Nails, Nirvana dan film Velvet Goldmine. Baru beberapa tahun terakhir ini saya mengumpulkan diskografinya, membaca segala kisahnya, sampai membeli buku biografinya segala. Ya, seorang fans yang terlambat. Konon relasi dan pengaruh David Bowie juga cukup kental di Indonesia. Coba tanyakan itu pada Setiawan Djody, Fariz RM, atau bahkan Jimi Multhazam.

Saya rasa, ada banyak kesamaan antara Lemmy dan Bowie. Salah satunya, mereka cukup produktif dalam berkarya dan kerap bekerjasama dengan musisi lain. Tidak peduli dengan musisi yang seangkatan mereka atau yang usia dan reputasinya jauh di bawah mereka. Semuanya berjalan baik, kalau tidak bisa disebut istimewa.

Begini…

Butuh kerendahan hati yang tulus bagi musisi sekaliber Motorhead untuk mau mengkover Whiplash-nya Metallica, atau bagi Bowie saat menemani Trent Reznor menyanyikan lagu Hurt, misalnya. Masih banyak lagi berbagai proyek dan kolaborasi serupa di tangan mereka.

Tidak, mereka tidak melakukan itu demi uang atau atas nama bisnis, saya rasa. Saya tidak pernah meragukan kecintaan dan dedikasi dua pria tua itu terhadap musik, dan hal-hal penting di sekitarnya. Well, their legacy has been written, everywhere.

Ketika mendengar kabar Lemmy meninggal, saya cukup terkejut. Sedih juga. Beberapa hari kemudian, muncul berita Bowie meninggal – setelah dua hari sebelumnya ia berulang tahun dan merilis album anyar. Itu bikin saya lebih shock lagi. Lemes.

Sampai hari ini, saya masih terus membaca segala artikel tribut dan obituari yang ditulis untuk mengenang kedua musisi ini. Khusus soal David Bowie, ada banyak artikel apik dan menyentuh di tautan ini.

Saya memang tidak pernah bertemu, menonton langsung konsernya, apalagi mengenal mereka secara personal, tapi entah kenapa kehilangan mereka ini menjadi cukup emosional.

Mungkin, karena musiknya telah ikut mengubah hidup saya.

WP_20160111_001
Senin siang, 11/01, setelah mendengar kabar kematian David Bowie, saya menulis “Life On Mars” di dinding Reka Records, Malang.

x x x x x

Rabu malam lalu, 13 januari 2016, saya ‘membajak’ siaran radio online Koalisi Nada. Sebenarnya itu ‘pembajakan’ yang terencana, terukur dan sistematis. Sebab beberapa hari sebelumnya Eko Marjani sudah menodong saya untuk bikin program dan siaran di radionya itu. Ya baiklah, tanpa banyak mikir dan pertimbangan, saya sanggupi saja tawarannya itu. Daripada tidur sore-sore, khan?!

Malam itu, dari singgasana Eko di Houtenhand lantai tiga, saya diijinkan membajak siaran radio sekaligus twitter-nya @koalisinada.

Kebetulan saya ingin bikin semacam edisi spesial tribut bagi Lemmy Kilmister dan David Bowie, maka saya putarkan playlist berisi track-track favorit untuk mengenang dua musisi itu, sembari men-tweet beberapa info serta tautan yang berkaitan dengan warisan musik mereka.

Playlist saya malam itu…

Sesi 1.1 ; A Tribute To Lemmy Kilmister

01. Ace of Spades – Motorhead
02. I Know How To Die – Motorhead
03. Motorhead – Hawkwind
04. Silver Machine – Hawkwind
05. Breaking The Law (Judas Priest cover) – Motorhead
06. Enter Sandman (Metallica cover) – Motorhead
07. God Save The Queen (Sex Pistols cover) – Motorhead
08. Highway To Hell (ACDC cover) – Motorhead
09. R.A.M.O.N.E.S (Ramones cover) – Motorhead
10. We Are Motorhead – Motorhead
11. (We Are) The Road Crew – Motorhead
12. Shout It Out Loud (KISS cover) – Motorhead
13. Johnny Be Goode (Chuck Berry cover) – Motorhead
14. Jumping Jack Flash (The Rolling Stones cover) – Motorhead
15. Ace of Spades (Motorhead cover) – Coal
16. Metropolis (Motorhead cover) – Kvelertak
17. Overkill (Motorhead cover) – Metallica
18. Orgasmatron (Motorhead cover) – Sepultura
19. Shake Your Blood – Probot feat. Lemmy Kilmister
20. The Trooper (Iron Maiden cover) – Lemmy Kilmister & Co.
21. I Ain’t No Nice Guy – Motorhead, Ozzy Osbourne & Slash
22. Big River (Johnny Cash cover) – Lemmy, Slim Jim & Danny B
23. Stand By Me (Ben E King cover) – Lemmy Kilmister

Sesi 1.2 ; A Tribute To David Bowie

01. Blackstar – David Bowie
02. Heroes – David Bowie
03. Velvet Goldmine – David Bowie
04. Where Are We Now? – David Bowie
05. Imagine (John Lennon cover) – David Bowie
06. I’m Afraid of Americans – David Bowie feat. Nine Inch Nails
07. Don’t Let Me Down and Down (Indonesian version) – David Bowie
08. Comfortably Numb (Pink Floyd cover) – David Gilmour & David Bowie
09. Without You I’m Nothing – Placebo feat. David Bowie
10. Under Pressure – Queen, Annie Lennox & David Bowie
11. Hopelessly Devoted To You – David Bowie & Robert Smith
12. Amlapura – Tin Machine
13. Wake Up – Arcade Fire & David Bowie
14. Let’s Dance (David Bowie cover) – Atrocity
15. The Jean Genie (David Bowie cover) – Scott Weiland & The Wildabouts
16. Starman (David Bowie cover) – Culture Club
17. Ziggy Stardust (David Bowie cover) – Def Leppard
18. Moonage Daydream (David Bowie cover) – LA Guns
19. Life On Mars (David Bowie cover) – The Flaming Lips
20. Rebel Rebel (David Bowie cover) – Tegan & Sara
21. Space Oddity (David Bowie cover) – The Smashing Pumpkins
22. Oh! You Pretty Things (David Bowie cover) – Au Revoir Simone
23. Hurt – Nine Inch Nails & David Bowie
24. Life On Mars (David Bowie piano cover) – Rick Wakemans
25. Space Oddity (David Bowie cover) – Chris Hadfield (On Space)

Sebagian track di atas bisa didengarkan melalui mixtape saya.

poster-tribute-to-motorhead
Arek-arek Malang yang merespon kematian Lemmy dengan menggelar konser Tribute To Motorhead di Godbless Cafe, 14 Januari 2016.

Well, that’s all. 
May Lemmy and Bowie jamming around.

Rock on,
DJ Lvcifersam aka Samack.

 

*Program Sesikopipait di radio online Koalisi Nada bakal berlanjut setiap hari Rabu, mulai jam 9-12 pm. Pantau di akun Twitter @koalisinada dan Streaming melalui http://koalisinada.caster.fm/