CSD 2015 @ MLG  Foto Dok. Reka Recs
CSD 2015 @ MLG
Foto Dok. Reka Recs

Sekilas cerita dan pengalaman dari momen perayaan Cassette Store Day di malang, 17 Oktober 2015.

Sisi Satu ; Di Sesi Diskusi

Hari itu, saya didaulat menjadi moderator dalam salah satu sesi diskusi pada momen perayaan Cassette Store Day (CSD) di Malang. Topiknya cukup menarik, soal budaya produksi dan konsumsi kaset sejak dulu sampai sekarang. Isu yang sungguh menantang.

Narasumber-nya pun tidak main-main dan cukup berbobot. Kelas kakap semua lah. Mulai dari Didit Samodra yang cerita soal pengalaman bermusik dan rekaman bareng No Man’s Land. Berbagai stori diungkap di balik proses rekaman album NML, serta cara membentuk jaringan internasional lewat media demo-tape dan tape-trading.

Lalu ada Indro Binatang a.k.a Demit Elektrik [founder Fukyu Record ] yang akhirnya ‘turun gunung’ membeberkan fenomena produksi, distribusi dan konsumsi kaset sejak era 90-an sampai hari ini. Indro mengungkap banyak fakta mengapa format kaset itu sangat membudaya dulunya di negeri ini, kaset yang disusun di rak terlihat sangat menarik dipandang daripada deretan CD atau piringan hitam, dan peran demo kaset dalam membentuk komunitas dan skena musik di daerahnya masing-masing.

Juga ada Ayyub Anshari Sukmaraga yang mengungkap dunia koleksi kaset di Indonesia, plus panduan merawat kaset dan tape player komplit dengan presentasi powerpoint-nya. Ayyub cerita banyak soal fenomena jual-beli kaset/rilisan di kalangan kolektor musik negeri ini. Dia kasih alasan yang logis mengapa beberapa kaset/album menjadi mahal di pasaran, seperti Death Magnetic-nya Metallica atau album buruk Pearl jam yang bersampul apukat, misalnya. Pengajar desain grafis ini juga membedah anatomi sekeping kaset dan seperangkat tape-player. Hingga muncul penjelasan kenapa pita Maxell lebih bagus dan mahal dibanding pita BASF.

Malam itu perbincangan kami cukup menarik dan antusias. Ya, sungguh menyenangkan dan bangga bisa duduk bersama sosok-sosok yang mengagumkan ini. The guardians of the analog-formats, we salute you!

Talkshow CSD 2015 @ MLG Foto Dok. Reka Recs
Talkshow CSD 2015 @ MLG
Foto Dok. Reka Recs

Sisi Dua ; Di Meja lapak

Hari itu saya juga buka lapak di meja @demajors_mlg bareng-bareng dengan stok Solidrock, Koalisi Nada dan Boedhy Pita Kaset. Lumayan lah, ada yang laku beberapa biji. Cukup buat menyokong bujet #jajanrock di momen dan lokasi yang sama. Ha!

Ah, namun kalau berbicara soal hasil buruan saya pada CSD, sesungguhnya tidak ada yang terlalu istimewa. Biasa saja. Saya hanya membeli beberapa keping kaset dan CD, serta sebuah plat idaman. Pada dasarnya saya cuma melengkapi koleksi dan diskografi di rumah – seperti albumnya Rush, Depeche Mode, dan juga Pejantan Tangguh demi ‘solidaritas’ saya pada seorang kawan PNS yang giat membayar tagihan KPR dan berniat ikut Wajib Militer.

Oya, ada album-album yang malah terpaksa saya beli lagi untuk ke-sekian kalinya (Siamese Dream, The Joshua Tree, dan dua kaset Filter). Kalau album solonya Ian Brown yang saya beli dari lapaknya Koko Giman itu niatnya untuk menemani kaset Stone Roses di rak aja sih. Eh saya akhirnya nemu juga kaset Zwan, karya terburuk Billy Corgan. Yeah, Honestly.

Untuk karya lokal, saya baru kesampaian memiliki CD Vague, Ramayana Soul dan Matius III:2. Telat? Iya. Lantas ikut membawa pulang kaset Superglad dan CD Megatruh yang dirilis spesial di momen CSD kemarin. Eh, Ingus juga merilis ulang album klasiknya pada hari itu. Kvlt!

Sehari sebelumnya, saya sudah mengamankan plat OK Computer dari dagangan Onidats Mita. Album terbaik di dekade 90-an ini memang wajib dimiliki di setiap rumah tangga. Sebenarnya saya sudah punya versi kaset dan CD-nya, tapi format vinyl ini sungguh susah dibiarkan dan terus menghantui. Well, i’m fitter and happier now.

Lapak demajors_mlg, koalisi nada, solidrock, boedhy sarzo. \m/
Lapak demajors_mlg, koalisi nada, solidrock, boedhy sarzo. \m/

Menyenangkan sekali momen perayaan CSD di kota Malang. Masih seru, intim, hangat, serta bersahabat. Salut dan trims buat tim kerja #CassetteStoreDayMLG, you’ve done a great job!

Tim Huru-Hara CSD 2015 @ MLG Foto Dok. Reka Recs
Tim Huru-Hara CSD 2015 @ MLG
Foto Dok. Reka Recs

*Dokumentasi foto CSD 2015 di malang bisa disimak pada album ini.