a rebel yell just begun!
a rebel yell just begun!

Mulai sekarang saya menulis juga di sebuah situs musik The Metal Rebel (TMR). TMR adalah portal online yang berbasis di Swedia dan fokus hanya untuk mengekspos scene musik metal di Asia Tenggara. TMR yang dikomandoi oleh seorang metalhead asal Swedia, John Resborn, ini bakal rajin membawa kabar-kabar cadas dari belantara Asia Tenggara menuju ke level berikutnya, ke Eropa dan internasional mungkin. Saya melihat ada peluang besar bagi scene metal kita untuk bisa berkembang lebih besar lagi. We hope so.

Sebelumnya, sekitar dua bulan belakangan ini saya sudah ikut berkontribusi mengisi berita singkat, tautan penting, atau sekedar menerjemahkan postingan John Reborn dkk di akun Facebook TMR. And it’s still running well.

Ada dua tantangan yang menarik bagi saya saat diajak bergabung dalam TMR. Pertama, kembali menulis musik ‘in metal way’, seperti apa yang pernah saya kerjakan dulu bersama Apokalip (2007-2010). Kedua, belajar menulis dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Tentu ini hal baru dan susah bagi saya, tapi memang kudu dicoba.

Ke depannya, saya bakal menyiapkan fitur dan wawancara dengan band-band domestik, meliput konser-konser metal, mengulas album cadas yang menarik, atau menjembatani band-band lokal agar bisa dimuat di rubrik TMR Featured Bands.

Oya, band atau label rekaman silahkan kirim materi presskit untuk diulas, promo cd untuk di-review, atau profil untuk dimuat. Kerjasama berupa media partner untuk program atau konser musik cadas juga cukup memungkinkan – mulai barter publikasi sampai peliputan. Apapun itu bentuk kerjasama dan komunikasi, silahkan kontak saya via email solidrockpubs@gmail.com atau press.samack@themetalrebel.com.

We’ll see what happen next. It’s my rebel yell!

*Artikel pertama saya untuk TMR tentang resensi album Nectura “Awake To Decide” bisa dibaca di sini.