favorite list 2014
favorite list 2014

Jelang pergantian tahun kemarin, saya sudah mem-posting tulisan soal daftar Album Metal Terbaik 2014. Untuk seorang compulsive list maker, ternyata itu masih belum cukup. Masih ada beberapa karya dan peristiwa lain yang cukup menarik perhatian saya sepanjang tahun kemarin. Daripada draft-nya menganggur dan tertinggal sendirian di dokumen notebook, mending saya muat juga di sini.

Kali ini saya cuma mau berbagi soal Personal Favorite List 2014 soal album musik, video, bacaan, hingga konser yang digemari sepanjang tahun kemarin. Paling tidak, itu yang paling sering saya tulis dan pamerkan via sosial media sebagai playlist atau menu sehari-hari. Kalau anda juga memiliki banyak kesamaan selera dengan daftar saya ini, mari kita bersulang. Namun kalau ternyata banyak hal di list ini yang belum pernah anda tahu, it’s your loss.

Catatan ; Kecuali pada kategori Konser Musik Favorit,
semua daftar di bawah ini disusun berdasarkan urutan abjad [in alphabetical order].

Album Musik Lokal Favorit
Saya menanggalkan jaket vest yang penuh dengan emblem metal itu dan memilih album-album lokal yang mampu mengajak saya bersenandung, berdansa, atau bahkan mengumpat geram akan ketidakberesan di sekitar. Itu kabar baiknya, telinga saya mulai bisa kompromi dengan genre-genre musik lain – selama itu masih berkategori ‘good music’. Kabar buruknya, saldo rekening makin menipis dan saya mulai butuh rak yang baru. Eh, namun maaf jika anda tidak menemui “Gajah” di sini, coba cari di kebun binatang atau pada list serupa di blog sebelah. Ha!

1. Atlesta – Sensation [Monev Recs]
2. FSVLST – Hits Kitsch [FSTVLST]
3. GRIBS – Thunder [Suara Gunung Kelud Recs / demajors]
4. Marsh Kids – The Many Failings of Bugsy Moonblood [Helat Tubruk / demajors]
5. Morfem – Sneakerfuzz [Sinjitos Recs]
6. Morgue Vanguard X Still – Fateh [Grimloc Recs]
7. Rabu – Renjana [Tadahasih Recs]
8. Risky Summerbee & The Honeythief – Pillow Talk [RSTH]
9. Semakbelukar – Terlahir dan Terasingkan [Elevation Recs]
10. Vague – Footsteps [Sonic Funeral Recs]

Album Musik Asing Favorit
Bagi orang yang seleranya musiknya sering mentok pada era, genre dan band/musisi tertentu seperti saya, list ini mungkin tampak membosankan dan tidak terlalu mengejutkan. Nyaris setiap tahun, saya hanya menunggu dan mendengarkan album anyar dari band yang itu-itu saja. Kalaupun menemukan band atau musik baru, itu adalah bonus dan sebuah kebetulan belaka. Atau bisa jadi itu adalah file musik milik kawan yang nyasar ke flashdisk saya. Oke, mungkin [kuping] saya sudah terlalu lama berada di zona nyaman. Monoton dan konsisten itu beda tipis, kata kawan saya. Di tahun yang rilisan musiknya sangat deras dan tidak bisa dihentikan ini, tentu masih banyak lagi album yang tak sempat saya pantau. Sungguh tak mungkin terkejar semua. Saya sudah cukup bekerja keras untuk memilah dan memeras daftar ini menjadi ‘hanya’ 20 album saja. Dengan resiko, musti menampik album terbaru Slipknot, U2 dan Pink Floyd yang memang hanya sepintas lewat saja di telinga saya.

1. At The Gates – At War With Reality [Century Media]
2. Beck – Morning Phase [Capitol]
3. Cynic – Kindly Bent to Free Us [Season of Mist]
4. Exodus – Blood In, Blood Out [Nuclear Blast]
5. Eyehategod – Eyehategod [Housecore]
6. Fucked Up – Glass Boys [Matador]
7. Godflesh – A World Lit Only By Fire [Avalanche Recordings]
8. Inter Arma – The Cavern [Relapse]
9. Jack White – Lazaretto [Third Man / XL Recs / Columbia]
10. Lantlôs – Melting Sun [Prophecy]
11. Machine Head – Bloodstone & Diamonds [Nuclear Blast]
12. Mastodon – Once More ‘Round The Sun [Warner Bros]
13. Morrissey – World Peace is None of Your Bussiness [Harvest / Capitol]
14. Nothing – Guilty Of Everything [Relapse]
15. Obituary – Inked In Blood [Gibtown Music / Relapse]
16. Pallbearer – Foundations of Burden [Profound Lore]
17. Swans – To Be Kind [Young God / Mute]
18. The Smashing Pumpkins – Monuments To An Elegy [Martha’s music / BMG]
19. Thou – Heathen [Gilead Media]
20. YOB – Clearing The Path To Ascend [Neurot]

Album Split, Kompilasi, Mixtape dan Soundtrack Favorit
Alasan utama saya bikin kategori ini karena rilisan yang melibatkan lebih dari satu band/musisi itu kudunya mendapatkan list-nya sendiri. Itu gara-gara saya sampai sekarang kurang bisa menerima kalau album Badai Pasti Berlalu menjadi nomer satu di daftar album terbaik versi Rolling Stone Indonesia. Entah kenapa, rasanya aneh saja. Ah sudahlah, tak perlu diperpanjang. Kecuali kalau anda sudah terjebak oleh Awesome Mix Vol.1 dari film Guardians of The Galaxy, sekumpulan lagu dan musisi belum pernah sebaik dan sekompak yang ada dalam daftar ini.

1. A Tribute To Extreme Decay [kaset kompilasi]
2. Aku Lagi Kompilasi [three-way split CD]
3. Kompilasi Sepi [2xCD kompilasi]
4. LAWANLUPA – A Mixtape For T.A.O.K by Filastine and Nova Ruth [tape]
5. Memobilisasi Kemuakan [kompilasi digital]
6. No Mans Land / TheYoungsBoot – Malang Skinhead [vinyl]
7. OST Rocket Rain [soundtrack film]
8. Revolution Autumn [kaset kompilasi/digital]
9. Sedikit mixtape terbitan IndoProgress / LKIP [digital]
10. Semua mixtape terbitan Whiteboard Journal [digital]

Video Musik Lokal Favorit
Tidak banyak musikus atau rumah produksi yang merilis dokumentasi video dalam bentuk DVD. Kebanyakan hanya diunggah bebas melalui internet, atau dipertontonkan via kanal YouTube biasanya. Fyi, saya suka sekali dengan dokumentasi Sonic Highways [serial videonya, bukan album musiknya!] yang tayang di HBO. Seandainya di Indonesia ada yang bikin karya sejenis itu, tentu bakal menarik. Eh, apa kabar proyek video Membakar Batas ya?!

1. Sounds From The Corner ; Session #13 Barasuara
2. Bising ; Noise & Experimental Music in Indonesia
3. Sangkakala – Moviemetalithicum DVD

Buku Musik Favorit
Penerbitan buku tentang musik di Indonesia adalah sesuatu hal yang jarang. Masih sedikit yang punya minat untuk mendokumentasikan karya dan cerita dalam bentuk buku. Jadi maklum saja kalau cuma ada satu pilihan di daftar ini. Kalau saja [alm] Denny Sakrie sempat menyelesaikan proyek bukunya sebelum beliau meninggal beberapa hari lalu. Eh sebentar, konon katanya ada juga buku baru mengenai skena grunge lokal, tapi saya belum sempat membacanya. Buku tentang Noah? Yang mana itu?

1. Burgerkill – Spit The Venom Tour 2013 [Photobook]

Bacaan Musik Lokal Favorit
Di luar kebiasaan membaca konten Jakartabeat, Rolling Stone atau Gigsplay setiap harinya, saya juga menemukan bacaan baru yang seru untuk menambah wawasan soal musik dan seni/budaya. Selain media yang ada pada daftar di bawah ini, saya juga rekomendasikan satu Facebook Group di sini. Tidak seperti forum sejenis yang cenderung hanya pamer koleksi atau jualan produk, Your Daily Dose of Cassette lebih pada berbagi informasi dan wawasan soal rilisan kaset. Saya pun menemukan banyak fakta menarik dari postingan dan perbincangan anggotanya di sana. Coba saja bergabung di sana, saya jamin gairah anda akan kaset bakal meningkat drastis. Selebihnya, baca konten-konten menarik di lima media ini;

1. Pena Hitam Zine
2. Pretentious Reports
3. The Metal Rebel
4. Warning Magazine
5. Whiteboard Journal

Konser Musik Favorit
Kalau saja kemarin saya berkesempatan menonton Bandung Berisik, Hellshow, Rock In Celebes, atau konser Municipal Waste, mungkin semua pertunjukan musik itu bisa masuk di list ini. Sayangnya saya absen. Namun setahun kemarin saya sudah cukup bersyukur bisa mengejar Kylesa, meringis puas pada aksi Morbid Angel dan Kreator di Senayan, serta membawa pulang selembar kertas setlist Carcass dari Solo. Itu sudah cukup menguras waktu, enerji dan saldo tabungan. See you at next pit.

1. Konser Kylesa [Bandung, 12/04]
2. Hammersonic Festival [Jakarta, 27/04]
3. Konser Burgerkill @ Indie Carnival [Malang, 09/05]
4. Konser FSTVLST @ Thursday Noise 5 [Jakarta, 25/09]
5. Rock In Solo [Solo, 11/10]
6. Konser Senyawa @ Houtenhand [Malang, 17/12]