Atlesta "Sensation" at RSI website
Atlesta “Sensation” at RSI website

“Sensation” merupakan singel terbaru dari Atlesta, sebuah unit pop asal kota Malang. Lagu ini termuat dalam album kedua mereka bertitel Sensation, yang telah diedarkan melalui label Monev Records dalam format CD dan versi digital via iTunes, bulan September 2014 lalu.

Album Sensation boleh dibilang sangat berbeda dari album pertama Atlesta, Secret Talking, yang dirilis dua tahun silam. Perbedaan itu tampak jelas pada sisi musikal, brand image, hingga konsep keseluruhan yang diusung.

Di album kedua ini, Atlesta mulai banyak memasukkan elemen-elemen baru – seperti unsur Rn’B, chillin’ jazz, sampai deep house dalam beat yang medium. Sensation memuat 12 lagu, di mana semua liriknya menggunakan bahasa Inggris dalam bait-bait yang ditulis lebih tenang dan dewasa, dibanding Secret Talking.

Proses produksi, perilisan, promosi dan pemasarannya juga berbeda dan memakai cara-cara baru yang belum pernah mereka jalani sebelumnya. Atlesta bahkan membuat tim khusus yang merancang pola marketing dengan cukup detil dan konseptual guna mengekspos citra dan karya musik mereka. Mereka mulai memainkan gimmick yang cukup ‘manis’ melalui aktifitas di dunia maya, sosial media, hingga serial video teaser di kanal YouTube.

Di balik semua perubahan itu, ada sosok Fifan Christa selaku founder sekaligus frontman Atlesta yang begitu memperhatikan segala detil demi identitas album Sensation. Dengan imej yang lebih terkonsep, berkelas, dan kuat, Sensation diharapkan bisa merambah segmen pasar yang lebih luas dan mampu membawa Atlesta menuju ke level yang berikutnya.

Atlesta sudah menggelar sesi press conference dan listening session saat perilisan album Sensation di Malang, September 2014 lalu. Sebuah gimmick berupa annual event bertajuk Atlesta Secret Party 2014 juga diadakan secara spesial dan terbatas hanya untuk fans serta kerabat dekat mereka, November lalu. Semua itu adalah rentetan gaya fancy dan classy yang ingin mereka bentuk melalui momen album Sensation.

Sebagai singel pertama, Fifan Christa dkk memilih track yang berjudul “Sensation”, sebuah lagu pop dalam beat yang medium, sedikit catchy dengan pemilihan sound bass bercorak industrial, serta gaya vokal bermalas-malasan ala lagu new wave 80-an. Suara-suara feminim dari dua female vocals juga diramu agar pendengar bisa membayangkan makna dan suasana yang tersirat dari lagu tersebut.

Sesuai judulnya, lagu itu menceritakan bahwa segala hal selalu memiliki sebuah sensasi. Selalu ada daya tarik di balik apapun itu jenis kesenangannya. Liriknya sengaja dibuat agak menggoda, sensual dan juga nakal. Sebuah soundtrack untuk bercinta, atau bujukan untuk melakukan foreplay yang tenang tanpa perlu basa-basi. Imajinasi seperti itu yang diharapkan Atlesta saat singel “Sensation” mengalun di telinga pendengarnya.

Sensation

In the end of conversation
You’re just leaving a sensation
Oh baby c’mon closer to me
Closer to me, closer to me

All i want it’s just a pleasure
With an overnight sensation
Oh baby take it back my money
Back my money, Back my money

I like it when you haunt
Oh baby would you take some night for more
So i could give you anything you want
Just fall in love and try to make a sound
It better i love it when you
Wonder, Wonder this sensation
Wonder, Wonder this sensation

I don’t know what kind of reaction
Please give me some sort of direction
Oh just c’mon closer to me, Closer to me

Credit
Song Written by Fifan Christa
Lyric by Fifan Christa
Female vocals by Ellenita and IntanAww
Backing vocals by Fadra Heryndra
Recorded, mixed and mastered by Wendi Arintyo at Monev Studio Malang
Artworks by Bhima Bagaskara
Photography by Hendisgorge
The album “Sensation” was produced by Fifan Christa and released by Monev Records

ATLESTA
Jalan Papa Biru No.29
Malang 65141 – Indonesia
Contact & Booking : Ayu Damayanti
Phone : +62 812 3397 6404
Email : nonayeuu@gmail.com

Band Links
http://www.atlesta.com
http://www.itunes.com/atlesta
http://www.twitter.com/atlesta
http://www.facebook.com/atlesta

Singel “Sensation” bisa diunduh gratis via situs Rolling Stone Indonesia.

 

*Tulisan dasar press-release ini berasal dari manajemen Atlesta, hanya saja saya rombak sana-sini plus saya tambah ini-itu supaya lebih nyaman untuk dibaca. Hasil akhirnya sebagaimana yang dimuat pada rubrik free download di situs Rolling Stone Indonesia. Menyenangkan bisa ikut membantu publisitas Atlesta, salah satu band lokal Malang yang saya kagumi niat, ambisi dan kerja kerasnya. Ya, band ini seharusnya bisa besar. Baca juga esai Widiasmoro soal Atlesta di blog-nya.