saturn titan moon [taken from net]
saturn titan moon [taken from net]
Kepada Gadis Perakit Roket dan Tuan Badut Bulan,
Maafkan kalau saya lancang mengganggu aktifitas koresponden kalian berdua. Jadi gini, mixtape ini saya buat setelah mendapat ‘tantangan’ dari Fina agar bikin semacam ‘soundtrack’ tidak resmi untuk novelnya, “Melancholic Saturn; Surat-Surat Cinta Dari Saturnus”.

Eh sebentar, itu bukan ‘tantangan’ – melainkan sebuah paksaan dengan disertai sedikit ‘ancaman’ darinya. Ketika saya keceplosan bilang ‘Iya’, dia pun menagih terus hampir tiap hari layaknya hutang yang kudu segera dibayar. Ha!

Iya, “Melancholic Saturn” adalah kumpulan cerita [atau surat] di mana sampeyan berdua yang jadi tokohnya. Uhm, entah lagu-lagu ini cocok atau tidak dengan jalannya cerita kalian. Maafkan saja kalau memang tidak. Tapi, kira-kira begitulah yang sempat saya baca pada pengantarnya…

Seorang perempuan, telah menulis surat-surat. Dari saturnus. Satu hari satu. Ia menyebut dirinya Gadis Perakit Roket. Roket-roket kertas yang ia rakit terbang setiap hari, selama tiga puluh hari, menuju satelit bumi tanpa pernah alpa. Mendarat tepat di depan pintu rumah seorang lelaki yang ia sebut Tuan Badut Bulan.

Seorang perempuan telah menulis surat-surat. Tentang cinta. Satu-satu, tanpa terburu. Ia tuliskan pemikirannya, perasaannya, kegundahannya, rindu, kenangan, impian, lalu rindu lagi. Melesat roket-roket kertas itu setiap hari. Membawa cerita dan kabar tentang segalanya. Perempuan itu menyerahkan nasib mereka pada semesta.

[Melancholic Saturn; Surat-Surat Cinta Dari Saturnus, 2014]

Well, yang pasti dalam menyusun lagu-lagu ini saya cuma ingat luar angkasa, planet, satelit, bulan, bintang, dan segala misteri soal semesta yang belum terjawab. Musically, mungkin ini juga bukan tipikal lagu-lagu yang biasa didengarkan oleh sang penulis, Fina Ladiba [atau fans-nya]. Tapi setidaknya, mixtape ini bisa jadi ‘teman’ ketika membaca Melancholic Saturn.

1. The Smashing Pumpkins – Mellon Collie and The Infinite Sadness [intro]
2. The Smashing Pumpkins – Tonight Tonight
3. Melancholic Bitch – Tentang Cinta
4. Hammock – Andalusia
5. Tori Amos – Enjoy The Silence [Depeche Mode cover]
6. Aurette and The Polska Seeking Carnival – Letter To You
7. Explosions In The Sky – Postcard From 1952
8. The Spiritualized – Ladies and Gentleman We Are Floating In Space
9. The Morning After – Floating Away [outro]

*dengarkan mixtape di sini.

Kepada lintasan orbit yang seharusnya dan segala rasa yang menitik pusat. Karena itulah suara-suara ini dibuat…

On The Dark Side of Saturn,
DJ Lvcifersam

*Sang penulis novel, Fina Ladiba, bisa ditemui via akun Twitternya @Ladibaa atau di blog-nya. Kalo pingin baca novelnya, mention saja twitternya & kirimkan alamat email. Biasanya begitu…