top 10 list
top 10 list

Oke, sebut saja saya seorang compulsive list maker. Salahkan Rob Gordon [yang diperankan oleh John Cussack] di film High Fidelity atas hobi saya yang doyan bikin daftar soal ini-itu. Eh siapa pun anda, saya rekomendasikan untuk segera menonton High Fidelity. Sekarang juga!

List saya memang kebanyakan soal musik [album/lagu/band]. Biasanya tematik seperti misalnya Lagu Untuk Halloween, atau tergantung momen kayak Album Cadas Terbaik 2013. Namun, aktifitas ini kadangkala merambah juga ke sektor budaya populer yang lain seperti daftar film dan buku – bahkan soal pemain sepakbola, kuliner atau sekedar kedai kopi favorit.

Setiap belanja ke pasar atau mini market saya diajarkan untuk bikin daftar belanjaan dulu, biar tidak ada yang lupa atau beli sesuatu di luar kebutuhan. Setiap malam saya bikin to-do-list yang tercatat dan di-saved di ponsel saya. Isinya, soal apa saja yang kudu saya kerjakan esok hari. Meski malam berikutnya selalu saja ada yang saya revisi, karena tertunda atau batal. Ha!

Lama-kelamaan, hobi membuat list ini menjadi semacam hal yang adiktif. Beberapa kali iseng posting di laman Facebook, Twitter atau Path sekedar untuk pamer playlist. Kepada beberapa kawan yang akrab, saya suka berlagak bak Rob Gordon menanyakan secara langsung atau via WhatsApp tentang apa 5 lagu favoritnya tentang hujan, senja, atau patah hati, misalnya. Iseng saja. For Fun. Menyenangkan, pun menambah wawasan – jika ternyata menemukan musik-musik menarik yang belum pernah saya dengarkan sebelumnya.

Efek samping yang lain dari hobi akut bikin list adalah naik ke level berikutnya, yaitu bikin mixtape – jika itu memang terkait dengan musik. Saya cukup adiktif dengan hal ini. Silahkan cek kumpulan playlist dan mixtape saya di sini.

Saya juga sering bikin mixtape untuk hadiah ulang tahun atau kado pernikahan kawan saya. Bahkan saya pernah buat mixtape soal brownies, skripsi dan industri rumah tangga. Mungkin suatu saat saya akan buka jasa pembuatan mixtape untuk segala momen dan suasana. Tertarik?…

Oke, sebut saya sinting, tapi bukankah selalu ada soundtracks of our life di kehidupan kita ini?

Well, dua hari belakangan ini saya cukup betah berada di laman Facebook, dan berselancar lebih lama dari biasanya. Entah siapa yang mengawali, tiba-tiba muncul aplikasi status list-making di banyak status Facebook kawan-kawan saya yang berbunyi…

“In your status list 10 albums/books/movies in no specific order, that have stayed with you in some way. Don’t think too hard about it, they needn’t be ‘great’ or ‘right on’, just the ones that have touched you. Then tag 10 friends (or more) including me so I’ll see your list…”

atau dalam bahasa Madura-nya,

“Dalam status anda, sila pampang 10 judul album/buku/film – tanpa harus runut berdasarkan urutan tertentu – yang (terlalu) lekat dengan anda. tak ada aturan untuk memasukkan album/buku/film yang pas atau keren, pampang saja yang mengena. lantas, tag 10 teman atau lebih – termasuk saya. jadi, saya bisa melihat list anda…”

Kemudian kawan saya, Ardyan M Erlangga, dalam status Facebook-nya beberapa jam yang lalu juga menulis;

Amat menyegarkan membaca deretan produk budaya pop saran teman-teman dipajang di dinding Facebook dua hari terakhir. Apalagi tanpa dibebani embel-embel ‘terbaik’, ‘terfavorit’, dan sebagainya. Cukup hal-hal yang memang kerap disentuh, dijamah, ditonton, dikulik ulang. Persisnya, kita memang tulus mencintainya.

Awalnya, begawan Jamaah Islam Liburan – Arman Dhani – memberi gagasan saling bagi senarai kesukaan personal ini. Peduli setan dari mana dia pinjam atau bahkan curi ide tersebut. Kendati saya mencium aroma “pay it forward” dalam aktivitas ini.

Saran yang tulus dan jujur selalu berguna ketika disebarluaskan. Sebab, faktanya kita tak pernah kekurangan selepas membagi hal-hal yang kita benar-benar suka ke handai taulan.

Bila tertarik meniru status ini, aturan mainnya sederhana. Cukup buat daftar serupa, lalu tandai 10 teman atau lebih – termasuk saya. Versi saya sih digabung, tiga daftar langsung memuat buku, musik, dan film; jenis produk kebudayaan paling saya gemari. Bisa juga dipisah-pisah. Sesuai selera kalian saja.

Terima kasih sudah memperkaya diri masing-masing lewat laman Facebook yang semakin penuh sarang laba-laba ini.

Selamat berbagi!

Begitulah ceritanya, jadi satu orang bikin daftar album/buku/film favoritnya, bisa 10 atau lebih, lalu di-tag ke kawan-kawannya. Begitu prosesnya, sampai menular pada nama/topik yang lain.

Alhasil, saya suka mempelototi setiap list yang dibuat oleh kawan-kawan saya, dan ikut nimbrung di kolom komentar jika menemukan sesuatu yang menarik. Fun!

Saya tentu saja tidak mau ketinggalan bikin list serupa. Seperti ini jadinya…

Top 10 Albums
01. Metallica – And Justice For All
02. Pink Floyd – The Wall
03. Nine Inch Nails – The Downward Spiral
04. The Smashing Pumpkins – Mellon Collie and The Infinite Sadness
05. Godbless – Raksasa
06. Iron Maiden – Powerslave
07. The Cure – Wish
08. Napalm Death – Harmony Corruption
09. Tool – Lateralus
10. Godflesh – Pure
Link FB

Top 10 Books
01. Choke – Chuck Palahniuk
02. Balada Si Roy – Gola Gong
03. Selimut Debu – Agustinus Wibowo
04. Gempa Waktu – Kurt Vonnegut
05. Jazz Parfum Insiden – Seno Gumira Ajidarma
06. Choosing Death – Albert Mudrian
07. Lokasi Tidak Ditemukan – Taufiq Rahman
08. Like This – Jakartabeat
09. Hai Klip Edisi Metallica [1993]
10. Komik; Lucky Luke, Asterix, Kungfu Boy, Tintin, Donal Bebek.
Link FB

Top 10 Movies
01. High Fidelity – Stephen Frears
02. Almost Famous – Cameron Crowe
03. The Perks of Being a Wallflower – Stephen Chbosky
04. Singles – Cameron Crowe
05. CBGB – Randall Miller
06. The Boat That Rocked – Richard Curtis
07. Fight Club – David Fincher
08. Star Wars I-VI – George Lucas
09. Lord of The Rings trilogy – Peter Jackson
10. Cartoons ; The Simpsons, South Park, Beavis & Butthead.
Link FB

Oke, sejujurnya sepuluh item saja itu sangat kurang. Banyak karya favorit saya yang tidak kebagian tempat pada list di atas. Tapi, sudahlah. Toh saya kudu spontan dan mencoba taat pada ‘aturan yang berlaku’.

Pada akhirnya, ingat pesan Rob Gordon pada gambar berikut;

petuah bijak rob gordon
petuah bijak rob gordon

Nah, itu tadi list saya, mana list anda?!…