godflesh's paralyzed on my mixes
godflesh’s paralyzed on my mixes

Ada kesenangan yang meluap-luap ketika disuruh memilih 50 lagu favorit sebagai materi mixtape. Bukan apa-apa, pilihan yang banyak itu ternyata makin memudahkan saya yang biasa bikin mixtape irit berisi 10 – 30 lagu saja. 50 lagu? Ok, why not! I can give you 60 or more – if it’s all into metal!

Ini sontak menjadi salah satu proyek mixtape saya yang terpanjang durasinya, dan juga tersingkat proses pengerjaannya. Seingat saya, cuma butuh waktu kurang dari satu jam untuk memilih total 60 lagu cadas favorit dari koleksi musik yang saya miliki.

Eh sebentar, begini loh cerita awalnya…

Pada akhir bulan November 2013 yang lalu saya tiba-tiba mendapat email dari Widiasmoro [Nokia Music Indonesia] yang mengabarkan kalau saya akan dikirimi sebuah ponsel Nokia edisi baru, Lumia 625, yang membawa fitur aplikasi Nokia MixRadio. Mmmhh…

Eh saya tidak sendirian, ternyata ada beberapa kawan yang juga mendapat kesempatan serupa. Sebagian dari mereka sudah saya tahu dan kenal baik. Mereka adalah fans musik kelas berat [pastinya!], juga penulis/blogger, penggiat mixtape, dan sosok-sosok yang cukup disegani di blantika [industri] musik di Indonesia.

Beberapa menit setelah paket berisi Nokia Lumia 625 itu datang, saya langsung tenggelam dalam aplikasi Nokia MixRadio. Klik sana-sini. Coba ini-itu. scroll up – scroll down. Keren. Menarik. Sangat memanjakan bagi penggemar musik segala jenis genre, menurut saya. Menyenangkan.

Oke, soal Nokia Lumia 625 dan aplikasi Nokia MixRadio akan saya ulas lain hari saja. Ini masih terus dicoba dan diulik soalnya. Juga sejujurnya, ponsel ini pun masih sekedar jadi alat pemutar musik saja bagi saya. Bahkan belum ada nama/nomer kawan di laman phonebook/contact, sampai sekarang. Ha!

Nah, beberapa hari setelah saya mencoba Nokia Mixradio secara intens, datang lagi mesej dari Widiasmoro yang menawari saya untuk bikin mixtape untuk sesi Musicologism. Tentu saja saya iya-kan tanpa pikir panjang lagi. Sikaaat!

Fyi, Musicologism adalah fitur khusus yang disediakan Nokia MixRadio bagi orang-orang yang suka musik dan ingin berbagi playlist/mixtape kepada pengguna yang lain. Jadi, semacam memiliki stasiun radio pribadi. Fitur yang menarik.

Oya, saya suka mixtape-nya Gembi juga di sana. Seperti biasa, selera musiknya unik dan sering bikin kening berkerut. Ha!

musicologism
musicologism

Kembali ke proses mixtape saya sendiri, sengaja saya pilih lagu-lagu cadas yang berirama agak keras dan berat. More into metal, in any other way. Karena, genre itu sudah jelas jadi ‘ranah’ yang agak saya kuasai di sini.

Ya mau gimana lagi? Untuk bikin list 50 lagu folk itu masih cukup sulit bagi saya. Apalagi memilih lagu-lagu new wave atau indie-pop khas Britania. Ampuuun…

Sementara, untuk memilih puluhan lagu metal masih terasa santai dan menyenangkan. Sebagaimana saya tanpa ragu langsung memasukkan tembang-tembang dari Earth, Kyuss, Godflesh, Cynic, Carcass, hingga Deafheaven di mixtape ini. Hampir semuanya adalah tembang-tembang yang paling sering diputar dan mengalami status heavy-rotation di kuping saya, setidaknya selama setahun belakangan ini.

Sejak awal saya memang sudah terpikir kalau mixtape saya ini kudu keras, berat, menghentak, atau kalaupun ada yang agak lembut ya tetep kudu menampar lah. Maklumi saja kalau isinya penuh dengan irama musik stoner, doom, sludge, thrash, industrial, hingga post metal.

Begitu kelar, sempat saya kasih judul “Samack’s Mind-Bending Jam” awalnya – eh tapi lalu dirubah jadi “Samack’s Rocks”, karena mungkin dianggap lebih singkat dan cukup definitif.

So that’s all. Happy listening, guys!

Sampai jumpa di proyek mixtape berikutnya. Salam Metal!

Jika di ponsel anda ada fitur Nokia MixRadio, coba masuk ke halaman Musicologism dan klik Samack’s Rocks. Sementara, untuk menikmati mixtape saya itu melalui PC, silahkan klik saja di sini.
Oya, tentang Nokia Lumia 625 klik dulu di sini, sedangkan soal Nokia MixRadio bisa anda kenali di situ.

e-flyers by nokia music ind.
e-flyers by nokia music ind.