559120_445157622212932_602672242_n

Knee and Toes boleh disebut salah satu unit yang cukup berhasil menurunkan ketegangan di peta musik lokal Malang yang konon dikenal cadas, kolot dan serius. Ya, sudah lama scene musik Malang sering diklaim menyimpan tensi yang tinggi dan distorsi musik yang keras. Hari ini, semua stigma tersebut bisa saja runtuh dan itu tidak perlu menjadi masalah, sebab nyatanya khazanah musik lokal akan makin variatif serta beragam…

Knee and Toes adalah duo folk/pop akustik asal Malang yang digawangi oleh Ristri Putri dan Bie Paksi. Sebelumnya, saya cuma beberapa kali menonton live mereka dan menyimak kabar band ini lewat jejaring sosial. Band yang rajin, dan tampak lihai berpromosi. Mereka juga cukup pintar meracik musik. Komposisi dan aransemennya selalu oke. Lagu-lagunya pun tereksekusi apik. Debut “Dammit I’m Mad” boleh dijadikan bukti yang sahih.

Titel “Dammit I’m Mad” agaknya sedikit menyelipkan gaya berbahasa khas Arek Malang yang doyan membolak-balik kata dan kalimat. Coba aja balik atau baca dari belakang judul album tersebut, tetap bisa terbaca “Dammit I’m Mad” khan?! Dalam teori, hal itu disebut dengan palindrome. Saya pun baru ngeh keunikan itu setelah membaca artikel di situs Gigsplay. Sebelumnya saya cuma kaget, kenapa band sekalem itu tiba-tiba berlagak gila?!…

Akhir tahun lalu, saya ada kerjaan di luar kota dan terpaksa ketinggalan acara launching album “Dammit I’m Mad”. Acara itu tampaknya berlangsung seru dan menarik. Silahkan intip dokumentasinya di album ini.

Setelah melalui janji pertemuan yang alot, akhirnya saya memiliki waktu luang dan berkesempatan bertemu dengan Ristri Putri dan Bie Paksi di sebuah kedai makanan instan di bilangan Soekarno Hatta, Malang. Saya memesan mie instan sambil menonton siaran pertandingan bola di sana. Tidak lama berselang, Ristri Putri dan Bie Paksi datang berpakaian rapi dan formal. “Abis pulang dari resepsi perkawinan,” kata mereka.

Di situ saya menerima CD debut album mereka. Kemasannya cukup keren, berformat digipack dengan bonus lyric sheet, pick gitar dan member card. Mereka cukup paham apa yang musti dilakukan agar CD mereka tergolong spesial, layak dibeli dan tidak cukup hanya diunduh atau dikopi dari harddisk tetangga.

19022013(001)

Album ini dibuka dengan intro yang misterius, dilanjutkan dengan “Phone Call” yang penuh basa-basi romantis di kala ada dering telepon. Lalu ada nada-nada riang dan lirik optimis pada “Morwening” dan “A Journey”.  Sementara “Explore The Baker St” yang dingin itu sepertinya terinspirasi dari perjalanan tour mereka ke Inggris, beberapa tahun silam.

“Dari mana saja. Di Knee & Toes saya banyak sharing sama Bie Paksi karena biasanya ada pesan, kode, dan kata rahasia tertentu di dalam lagu yang ingin disampaikan ke pendengar,” jawab Ristri Putri ketika saya tanya tentang inspirasi lirik Knee and Toes pada perbincangan ringan kami sebelumnya.

Saya sempat salah sangka, lagu berjudul “Rumah” itu ternyata liriknya berbahasa inggris. Yes, it’s about where the heart is, and we feel safe. “Life Is A Playground” menambah porsi ‘bermain’ bagi liukan vokal Ristri dan permainan gitar Bie Paksi. Favorit saya adalah “Golden & Diamond”, sebuah track yang pernah saya jadikan runner-up dalam “The Best MLG Tracks 2012” di blog ini juga.

Oke, hampir semua lagu di album ini berisi dialog yang intens antara Ristri Putri dan Bie Paksi, lewat vokal maupun instrumen. Itu yang kadang jarang ditemukan pada musisi-musisi duo lainnya. Kebanyakan duo itu selalu berbagi tugas, satu bertanggungjawab akan lirik dan vokal, satunya lagi yang bikin musik dan menangani instrumen. Uniknya, di Knee and Toes ini sepertinya seimbang, keduanya bisa bernyanyi dan paham cara memainkan instrumennya masing-masing.

Menyimak album Knee and Toes ini akan seperti menyimak kisah perjalanan yang indah dan penuh asa. Cukup legit dan juga menggugah. Plus dibalut unsur fantasi dan kekanakan yag riang. Nyaris tidak ada bunyi minor pada musik dan lirik mereka. Dan sepertinya, semua berjalan baik-baik saja…

Yes, everything in it’s right place…

*The album “Dammit I’m Mad” CD available at @TwentyTwelvePS and @legoubshop Malang. More info about Knee and Toes ; Website | Facebook | Twitter