166016_3437187483718_2061618743_n
“Pianist, definitely!” ucapnya tegas begitu saya tanya dia lebih suka disebut pianist atau keyboardist. Perempuan yang memiliki nama lumayan panjang, Christabel Annora Paramita Parung, ini kerap dipanggil Ista oleh teman-teman dekatnya. Dia ikut gabung dalam sebuah band yang bernama Get Panic, dan pernah beberapa kali ikut membantu aksi band/musisi indie lainnya di Malang. Di luar aktifitas musiknya, Ista adalah mahasiswi jurusan Arsitek dan ikut mengelola usaha 2ndhand shoppe bareng temennya. Berikut obrolan ringan saya dengan Ista seputar kecintaannya pada piano, playlist favorit, serta lagu apa yang akan dia mainkan menjelang kiamat…

Bagaimana rasanya menjadi ‘Janis Joplin’ dalam acara Tribute to 70’s di Houtenhand beberapa waktu lalu?
Seneeeeeng, soalnya udah lama pingin maen blues secara live dan belum kesampean. Cuma main-main di rumah aja, figure out chords. Hihihi…

Lagu Joplin apa aja yang kamu bawakan saat itu?
“Summertime”, “Cry Baby”, “Me and Bobby McGee”, “Turtle Blues”. Paling suka sama “Turtle Blues”…

Anda juga pernah mengkover “In My Place” [Coldplay] pas tampil di Legipait dulu. Apa saja playlist anda selain itu?
Iya, suka banget, hehe. Waktu itu kalau gak salah playlist-nya Oasis, Radiohead, Regina Spektor.

Sejak kapan anda sebenarnya belajar memainkan piano?
Since i was 5 years old. Dulu lesnya musik klasik, tapi lama-lama jenuh sama ‘kecambah’ partitur…

Konon, anda juga belajar bernyanyi dan bermain piano di gereja ya?
Iya, di gereja juga. kalau ada ibadah sama acara aja sih.

Apa lagu pertama yang bisa anda mainkan sampai tuntas dengan piano?
Lagu pertama lupa sih, tapi kalau lagu favorit pertama yang bisa dimaenin full dulu itu “Fur Elise” [Beethoven].

Selama ini, anda sudah kolaborasi dengan musisi/band apa saja?
Son of Sundance, Ajer (waktu live), Ben (Surabaya), dan sama band dewe, Get Panic. Hihihi…

Anda juga suka meng-upload lagu-lagu kover di Soundcloud. Yang manakah favorit anda?
Favorit saya di Soundcloud itu Five For Fighting, “All I Know”. Kebetulan yang request pacar sendiri, hihi.

Apa ada kemungkinan bagi anda untuk menulis dan merekam lagu-lagu karya sendiri?
Iyaaa, saya bikin, tapi belum recording. Masih on the way ke sana.

Kabarnya anda juga mengajar musik ya?
Iya, di Five Art, Jalan Diponegoro 5A Malang. Kebetulan ngajar piano. Anak-anak SD dan SMP yang jadi muridnya.

Anda juga sering tampil di acara pesta ulang tahun dan pernikahan…
Iya, biasanya sama temen-temen dari Narwastu. Itu by request dan kebanyakan lagu-lagu oldies, hehehe.

Oh ya, anda juga mendengarkan Frau?
Suka banget dong kalau sama Frau. Cerdasnya itu dia bikin lirik tentang hal-hal imajinatif tapi mungkin terjadi.

Siapakah penyanyi dan pianis favorit anda?
Banyak sebenernya kalau pianis sekaligus vokalis favorit saya. Dari yang lawas saya suka Ray Charles, i love his blues sooooooo much! Dan sekarang Regina Spektor! Very anti-folk! Dia nyanyi sak karepe dewe, tapi begitu kita coba niruin dia, asyeeeemmm angel dadakno. Hahaha!

Apa saja lima lagu andalan anda saat memencet tuts piano?
1. “Georgia On My Mind” [Ray Charles]
2. “Us” [Regina Spektor], yang belum pernah dimainkan bersih oleh saya.
3. “Turtle Blues” [Janis joplin]
4. “Fragmen” [Jaya Suprana], lagu ini kental banget melodi Indonesia-nya. Saya suka banget.
5. And any Beatles songs!…

Sebutkan lima album favorit yang paling sering diputar akhir-akhir ini?
1. Asturd Gilberto – Semua lagunya yang albumnya campuran
2. New Found Glory – Catalyst
3. The Devil Wears Prada – With Roots Above and Branches Below
4. Son of Dork – Welcome To Loserville
5. Dan beberapa lagu lepas dari Chicago dan The Allman Brothers

Apa album paling keras yang pernah anda putar di rumah?
Album paling cadas yang pernah aku setel di rumah itu albumnya August Burns Red sama Lamb of God kayaknya, hihihi.

Dalam bermusik, apa impian anda selanjutnya?
Impian selanjutnya pasti pingin bikin album, tapi mungkin itu jangka panjang. Pingin nabung dulu, hehe. Dan nanti kalau wes sugih maunya buka sekolah musik.

Jika esok kiamat, apa lagu yang ingin anda mainkan untuk terakhir kali?
Lagunya Chopin, “Nocturne In E Flat Major Op.9 No.2”. Itu kayaknya yang mau saya mainin secara perfek kalau besok kiamat, hehehe.

*Silahkan sapa Ista di Facebook atau Twitter. Cek juga kumpulan lagu kovernya melalui panggung Soundcloud.