it’s a birthday mixtape for hilmi…

Sabtu, 10 November 2012 lalu, ada seorang kawan saya yang berulang tahun. Namanya M.Hilmi Khoirul Umam atau akrab disapa Hilmi saja. Mahasiswa tingkat akhir Universitas Brawijaya [baca; lagi garap skripsi] yang sudah bekerja di sebuah kantor penyedia program presentasi digital ini dikenal sebagai pendiri sekaligus editor zine musik dari Malang, Majalah Sintetik.

Saya kenal Hilmi sejak dia mengelola Majalah Sintetik, beberapa tahun lalu. Saya kagum pada tulisannya apik, jujur, dan kerap mengulas sesuatu dari sudut pandang yang tidak biasa. Anak muda ini juga punya selera musik yang unik dan nyeleneh. Kami sering berbagi file dan referensi musik. Mencoba musik-musik baru dan beragam genre, meski gak semuanya bisa diterima dengan mudah di telinga masing-masing. Kami terus berbagi meski kerap beda selera.

Kemarin, pas dia ultah, saya janji mau ngasih kado mixtape saja. Ini sungguh niat dan keisengan yang gegabah. Sebab saya tahu dia lebih update soal musik daripada saya. Apalagi untuk band-band baru kategori underated dan level underdog, saya sungguh jauh ketinggalan.

Saya jadi ingat pernah janji akan ‘meracuni’ Hilmi dengan arsip-arsip thrash metal. Oke, mixtape ini mungkin bisa dianggap sebagai persekotnya – versi komplitnya akan menyusul dalam format CD. Di list ini hampir semuanya berirama thrashy, dari unit yang sudah kawakan maupun kategori pendatang baru. Sebab, sesungguhnya tiada pesta yang sempurna tanpa irama thrash metal…

Happy Birthday, Hilmi. Wish You All The Beast!
Get thrashed, have fun, stay young!

01. Sepultura – Beneath The Remains

Fyi, di hari yang sama dengan ultahmu, Sepultura juga tampil di Senayan, Jakarta. Lagu ini ada di urutan pertama dalam setlist mereka malam itu. #sepulturaJKT

02. Dr.Living Dead – I Need Thrash [Not You]

Ada kalanya kamu tidak membutuhkan siapapun, kecuali irama thrash metal yang meruang lantang dari dalam kamarmu.

03. Mantic Ritual – Thrashatonement

Kamu belum terlambat, mendengarkan band ini seperti menemukan album “Kill ‘Em All”-nya Metallica di tahun 1983.

04. Testament – Dark Roots of Earth

Salah satu kandidat kuat album metal terbaik tahun ini. Testament adalah pilihan teratas jika asosiasi The Big Four ingin menambah satu anggota lagi.

05. Iron Reagan – Paycheck

Dengan [berpura-pura] menyukai Iron Reagan, kemungkinan besar kamu bisa segera akrab dengan pengelola situs Megavoid.net yang kharismatik itu.

06. Deadly Weapon – Howl

Dari ranah domestik, saya ajukan amunisi paten dan bertalenta cadas dari Jogja. Potensial. Mematikan!

07. Overkill – Electric Rattlesnake

Overkill mungkin tetap underated dan underdog di ranah metal, tapi bocah-bocah tua nakal ini sangat tahu gimana caranya memainkan musik thrash metal yang baik dan benar.

08. Gigantor – Into The Battlefield

Sepanjang pengamatan saya, Gigantor masih yang paling mumpuni untuk thrashing di negeri ini.

09. Slayer – New Faith

Entah kenapa, judul dan liriknya agak pas untuk perayaan ulang tahun – serta segala momen perubahan dan introspeksi diri. Tom Araya’s Golden Ways?!…

 

PS ; Sorry dude, if this too loud = you’re too old! :p

*Oke, meski agak telat, silahkan sapa dan kasih ucapan selamat ultah pada Hilmi melalui laman Facebook maupun Twitter-nya.