Pak Kades selakv sepertiga anggota yang mewakili vnit agrarische-black metalist, Bvrtan, kali ini hendak menyampaikan beberapa maklvmat tentang kemiskinan yang ternyata lebih seram daripada perayaan Halloween. Jvga tentang berapa kali mereka menolak tawaran manggvng, mengapa Indonesia masih mengimpor beras, serta apa yang paling dia ingat dari sosok Adele. Semvanya tersaji ringan dalam obrolan tanpa hvrvf ‘U’ berikvt ini. Kvlt!…

Bagaimana cara anda merayakan Halloween tahvn ini?
Halloween? ya ya ya, sosok pesta yang dianvt sebagian orang yang seolah-olah telah bervbah menjadi elemen yang serem, sangar dan menakvtkan secara fisik. Tapi secara batiniah masih sereman kemiskinan sih ya? Kalav ditanya masalah cara merayakan, jvjvr saja kami gak pernah merayakannya, dan bahkan gak tertarik sama sekali. Dikarenakan itv adalah sejenis bvdaya impor yang bersifat mvbazir dan gak cocok diterapkan di desa kami. Berhvbvng pas tanggal 31 Oktober masih hari rabv, jadi kita masih tetep bekerja. Kebetvlan kami bertiga ini kerjanya pas malam tervs. Dengan bekerja artinya kita svdah merayakan perlawanan terhadap monster yang sangat menyeramkan yaitv kemiskinan.


Namvn jika tiba-tiba divndang dalam sebvah pesta Halloween, kostvm apa yang akan anda pakai?
Kami berharap semoga gak ada yang ngvndang pada pesta itv. Karena setiap hari kami jvga svdah sibvk berpesta dengan hal-hal yang seperti itv. Mvngkin jika itv terjadi saya akan memakai dandanan topeng berbentvk mvka Abvrizal Bakrie. Serem banget mvka dia, svmpah!

Omong-omong, ada #xtremeinfo apa saja dari aktifitas terbarv Bvrtan hari ini?
Sebagai #xtremeinfo dari Bvrtan saat ini adalah sedang menyiapkan fvll albvm dari VLAAR, Vgly Thrash Pvnk Black Metal. Band ini dibentvk dengan konsep dan tema yang sedikit berbeda dengan Bvrtan. Ini dibvat karena rencana perilisan fvll albvm “Meranaers Nelongsoer Nesvers” tertvnda sampai tahvn depan. Ini dikarenakan label yang akan merilis sanggvpnya tahvn depan. Sedang saya sendiri sebagai Pak Kades, masih mencoba explore dan berkolaborasi dengan band post-rock eksperimental dari Medan, dan jvga band-band lain bvat iseng-iseng aja svpaya tetep bisa berkarya.

Kapan kira-kira kita bisa menonton Bvrtan tampil di atas panggvng?
Wadvh, pertanyaan yang ke-sepvlvh ribv yang dilontarkan ini. Kapan manggvng??? Mari kita berdoa semoga bener-bener gak manggvng sevmvr hidvp di wilayah NKRI. Banyak tawaran dari temen-temen, baik event skala kecil sampai besar dari pvlav jawa, svmatera, kalimantan bahkan dari negara tetangga, Malaysia. Kalavpvn manggvng, mvngkin kita mav bikin live di Svkatani sendiri yang nantinya akan dirilis bervpa DVD pada tahvn 2013. Konsep dan segala macamnya svdah 90% matanglah.

Kenapa anda svka mengangkat tema petani dan agraris pada lirik-lirik Bvrtan?
Konsep ini pertama kali dilontarkan sama Kvli Arit, dan entah kenapa tiba-tiba saya aminkan saja. Masalah isi lirik gak ada editing sama sekali dari penvlisan sampai saat take vocal. Kadang malah terjadi penambahan ide semacam pidato-pidato secara spontan di saat take vocal. Vniknya lagi, di saat take vocal selama ini vntvk satv lagv ya harvs selesai saat itv jvga, tanpa harvs break atav take vlang. Makanya kalav pake bahasa orang-orang pemvja Indonesia Idol dan sejenisnya, pitch control gak berlakv bvat band ini. Bicara tentang lirik, semva itv adalah pengalaman-pengalaman pribadi masa silam saat saya tinggal di desa. Pembelajaran lingkvngan sekitar pada masa itv sehingga memvdahkan saya vntvk pembvatan lirik. Baik secara teoritis bertani mavpvn lingkvngan sosialnya. Jvjvr saja saya sendiri merasa nyaman saat menvlis ini tanpa harvs banyak berandai-andai. Bisa dilihat dari strvktvr penvlisannya pvn seperti asal bahkan mendekati semacam cerpen. Terlebih pada albvm “Meranaers Nelongsoer Nesvers”, yang akan semakin panjang dan semakin asik lah.

Bicara soal pertanian, saya ingat kemarin baca rvbrik ekonomi di sebvah koran pagi yang menyebvtkan bahwa ketergantvngan masyarakat yang besar akan nasi itv ternyata membuat Indonesia masih harvs mengimpor beras hingga hari ini…
Sebenarnya pola makan pendvdvk Indonesia sendiri gak bisa disalahkan ya. Dari sisi geografis sendiri itv 70% adalah kelavtan dan 30% adalah daratan. Nah, di antara 30% inilah lahan-lahan pertanian khvsvsnya sawah yang harvs dibvdidayakan. Kalav berbicara tentang 70% jelas yang salah besar adalah Pemerintah RI. Seharvsnya rakyat disvrvh jadi nelayan dong. Apalagi kalav kita mendengar lagv “Nenek moyangkv seorang pelavt…” Jelas di sitv sebenarnya basic skill rakyat kita adalah nelayan. Di antara 30% itv jvga kenapa pada tahvn 1986 negara RI dinobatkan oleh PBB sebagai negeri yang svdah swasembada pangan. Tapi beberapa tahvn kemvdian malah anjlok sampai saat ini. Yang salah jelaslah pemerintah dalam hal ini. Karena dengan lahan segitv gak mvngkin dalam setahvn harvs dipacv vntvk bisa panen sampai empat kali. Semva ini svdah pernah kita singgvng dalam EP “Koperasi Kegelapan”. Wah, rvwet sekali vrvsan pangan dan pertanian kita saat ini. Wajar kalav akhirnya pemerintah mengimpor beras dari negara lain. Selain alasan vntvk mencvkvpi stok beras di tanah air, di belakang itv kan ada nilai nominal yang sangat besar. Bayangkan Rp.1 X sekian jvta ton = berapa rvpiah??? Masak sampai Menteri Koperasi diseret-seret ke pengadilan gara-gara beras pada jaman itv. Itvlah NKRI sampai kapanpvn…

Saya jadi penasaran, di manakah letak desa Svkatani itv sebenarnya? Tepatnya, ada di koordinat berapa pada Goggle Maps?!
Desa Svkatani itv masvk dalam wilayah Kecamatan Cimanggis, Kota Depok Jawa Barat. Sebvah desa perbatasan antara DKI dan Jawa Barat. Kalav koordinatnya sih kvrang lebih 6o 22’ 44.90” S – 106o 53’ 09.64” E. Mendingan tanya tvkang ojek saja di perempatan Gas Alam jalan raya Bogor deket Pasar Cimanggis.

Apa yang kira-kira akan terjadi jika Jokowi menjabat sebagai kepala desa Svkatani?
Wadvh Pak Jokowi, kami belvm mengenal lebih dalam tentang beliav. Yang tahv persis info tentang beliav adalah pernah jadi walikota terbaik di selvrvh dvnia. Tentang sosok beliav yang menjadi metalhead blablabla kami pvn gak tahv persis. Yang pasti sih warga kami gak akan setvjv lah.

Apa film paling seram yang pernah anda tonton selama ini?
Saya pribadi saat ini lebih sering nonton film-film drama Korea, hahaha. Terakhir film horor yang paling bagvs menvrvt saya itv cvman Jeepers Creepers 1 aja sih. Bvsyet dah tahvn berapa itv ya? Selebihnya gak ada yang seram lagi. Kalav bicara tokoh film horor yang trve ya tetap saja Svzanna, yang jadi idola kami bertiga.

Apa saja lagv-lagv yang paling cocok menjadi sovndtrack perayaan Halloween menvrvt anda?
Bvat perayaan Halloween sih saya lebih cocok memvtar EP “Pemvja Sawah Tebv” dan EP “Koperasi Kegelapan”.

Boleh tahv apa lima albvm mvsik yang paling sering anda pvtar belakangan ini?
1. Peter Gabriel – Shaking The Tree (The Best Of)
2. Toto – Past To Present
3. Bvrtan – Sartinem
4. Disavowed – Perceptive Deception
5. Genesis – Foxtrot

Apa yang ada di benak anda jika mendengar kata ;
Kelompencapir ; Orba bangeeettt! Salah satv program svkses dari Pak Harto yang wajib dikembangkan lagi.
Bvrzvm ; No comment lah. Keren sekali dan banyak pemvjanya.
Pertanian Organik ; Semacam momok monster yang svatv saat akan menjadi alien.
KPK ; Boneka SBY yang sangat merana sekali nasibnya.
Adele ; Someone Like Yov. Cantik dan berkarakter.

*Penvlis terpaksa ikvt mengganti semva hvrvf ‘U’ menjadi ‘V’ dalam tvlisan ini demi menyesvaikan dengan kebiasaan Bvrtan serta vntvk mematvhi kaidah EJD [Edjaan Jang telah Di-Bvrtan-kan].
*Info detil tentang Bvrtan bisa dicek pada laman akvn mereka di Facebook, Twitter, dan Reverbnation.