Halloween kerap dikaitkan dengan labu, horor, mistik, seram, menakutkan, roh jahat, sihir, dan kostum setan. Tradisi ini dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Dalam versi yang tradisional, Halloween biasanya dirayakan oleh anak-anak dengan memakai kostum seram dan berkeliling ke rumah-rumah tetangga untuk meminta permen atau cokelat. Dalam dunia modern, Halloween sudah menjadi bisnis hiburan yang masif dan setiap tahun selalu dirayakan besar-besaran oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai jenis pesta, karnaval atau momen-momen spesial. Trick or treat?!…

Layaknya Halloween, Sudah bukan rahasia umum juga jika musik metal itu punya relasi yang sangat dekat dengan tema-tema yang bernuansa horor. Bahkan saking identiknya, mungkin setiap hari bisa dianggap sebagai momen ‘Halloween’ bagi metalhead yang doyan musik-musik bernuansa seram. Well, tentu ada banyak versi untuk list lagu rock/metal bertema Halloween yang bisa kita telusuri melalui mesin pencari. Sayang, lagunya kok itu-itu aja. Mungkin sebaiknya kita bikin favorite list sendiri!

So, inilah kumpulan track pilihan personal saya untuk merayakan Halloween tanpa harus memakai kostum ‘badut’ yang konyol. Semua lagu diambil dari folder musik yang ada di notebook saya, dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, secara acak dan sekedar dipas-paskan saja. Stupid, but it’s still a fun thing.


01. King Diamond – Two Little Girls
Merayakan Halloween tanpa King Diamond itu ibarat pesta ulang tahun tanpa kue tart. Maaf, lagu King Diamond yang berjudul “Halloween” sudah terlalu overated untuk momen ini, jadi saya pilih “Two Little Girls” yang lebih sendu dan mistikal.

02. Rigor Mortis – Vampire
Well, dari judulnya sudah cukup menjelaskan bukan?!

03. Dark Throne – Skald ov Satans Sol
Jika ada yang kurang cocok dengan lagu ini, silahkan ganti saja dengan lagu apapun asalkan masih dari Norwegia, berirama black metal, dan dimainkan oleh pemakai corpse-paint yang taat.

04. Morbid Angel – Evil Spells
Sejak dulu saya percaya kalau riff gitar Trey Azagthoth itu dipandu oleh iblis!

05. Kelelawar Malam – Malam Mencekam
Dengan lirik horor kelas B dan aksi mistik di atas panggung, band ini selalu pas untuk diundang tampil reguler di setiap perayaan Halloween. Kudunya mereka segera pasang tarif mahal khusus untuk acara Halloween. Cek live video-nya di sini.

06. Fantomas – Ave Satani
Mike Patton dkk sukses menggubah soundtrack film Omen menjadi lebih seram daripada versi aslinya.

07. Bvrtan – Lvka Hati Seorang Ketva Kelompencapir
Konon, Halloween berasal dari festival Samhain yang dirayakan oleh orang Kelt zaman kuno. Festival Samhain merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang disebut “Tahun Baru Kelt’. Jika memang benar Haloween lahir dari rahim budaya agraris, maka hampir semua tema lagu Bvrtan boleh jadi pilihan yang lucu dan menggemaskan.

08. Ghost – Satan Prayer
Hari ini, mereka adalah performer paling hype di pentas musik horor. Tidak ada alasan untuk tidak melibatkan Ghost di acara ‘serem-sereman’ kali ini. Tonton live-nya di sini.

09. Sarasvati – Bilur
Satu-satunya lagu yang paling lembut di list ini. Saya rasa Sarasvati pantas untuk dilibatkan. Sebab sebelumnya, musik pop lokal tidak pernah seseram ini. Cek konsernya di sini.

*All tracks compiled by dj lucifersam, courtesy of solidrock lab.