Proyek Uji Nyali, Gadget dan Spontanitas!

screaming factor & take this life

A Raw Digital Split by Screaming Factor and TakeThisLife.
Two bands, eight songs, recorded live, rough, raw!

Bayangkan saja anda sedang berada di dalam studio musik kala ada dua band cadas yang sedang berlatih, seperti itu saja gambaran singkat “Test of Faith”. Sangat hidup [live!] dan juga bising [raw!] tepat di depan wajah anda. Kadang, ini seperti mendengarkan sesi Peel Sessions atau Live From Abbey Road, atau bahkan rekaman demo rehearsal dari band-band underground di masa silam.

Proyek split ini direkam secara live recording dan cuma makan waktu dua hari saja. Screaming Factor dan Take This Life hanya mengambil shift di tanggal 10 dan 11 September 2012 untuk merekam materi mereka secara rehearsal di studio di Antz Music, Malang. See?! Hari ini [band] anda kudunya tidak butuh banyak waktu untuk rekaman, karena sarana dan fasilitas sudah tersedia dan cukup mendukung.


Proses rekaman ini dikerjakan kala dua band tersebut sepertinya sedang memasuki masa ‘break’ di tengah sesi rekaman ‘serius’ mereka untuk album selanjutnya. Screaming Factor baru saja merekam materi baru dan kabarnya masih dalam proses mixing/mastering. Terakhir, Novi dkk juga sempat melempar singel anyar, “Existence”, yang diedarkan gratis melalui internet. Sedangkan Take This Life juga kabarnya masih menyiapkan materi album debut mereka. Jadi, “Test of Faith” ini seperti hura-hura di ‘masa jeda’ atau bahkan ‘liburan’ dari kepenatan proses rekaman yang serius.

Album split ini direkam dengan menggunakan dua telepon genggam dan satu komputer tablet. Ada dua hal yang bisa digarisbawahi dari kegiatan tehnis ini; Eksperimentasi dan Sadar Tehnologi. Saya duga gagasan ini berawal dari proses coba-coba dan eksperimen mereka untuk menendang jauh-jauh perangkat audio recording yang sewajarnya, kemudian nekat menguji kecanggihan gadget yang mereka punya.

Proses seperti ini bahkan mengingatkan saya pada metode live rehearsal di dalam studio musik dengan perangkat walkman atau tape compo yang pernah marak di era 90-an lalu. Dulu, band-band punk, hardcore dan grindcore sering melakukan hal serupa; Masuk studio, bawa walkman, main dan rekam. Kali ini metodenya pun hampir sama, hanya beda pada jenis perangkat gadget dan efek kemajuan tehnologi saja. A smart thing.

test of faith [cover album]

Menilik pada materi lagu, Screaming Factor dan Take This Life memainkan nomor-nomor lawas mereka – secara live di studio, yang mungkin tak ubahnya dengan apa yang biasa anda dengarkan saat mereka live di atas panggung. Jadi tidak perlu kaget, apalagi mengeluh, jika menemukan part-part yang ganjil, berbeda, fals, out-of-tune, atau tereksekusi di luar dari komposisi dan aransemen resmi lagu mereka.

Sebab, memang pada intinya proyek split ini adalah soal spontanitas, eksperimen, coba-coba, ‘pamer’ gadget, dan sekaligus cara untuk bersenang-senang di luar kebiasaan yang wajar. “Test of Faith” seperti sedang menguji keyakinan kita untuk selalu bisa mensiasati zaman dan melek tehnologi.

*Proyek “Test of Faith” berada di bawah label SBMK Music Development dan bisa diunduh gratis melalui megavoid. Cek video trailer-nya di sini. Klik untuk info lebih lanjut tentang Screaming Factor dan Take This Life.

Advertisements

2 thoughts on “Proyek Uji Nyali, Gadget dan Spontanitas!

  1. kalo menurut saya kok album split ini kurang ya..
    secara band ini dua2nya keren. harusnya bisa lebih asik daripada ini..
    lagu-lagunya lagu lama, harusnya bisa lebih asik kalo misalnya emang mau main lagu lama, misalnya screaming kover lagu ttl atau sebaliknya..
    saya yakin teknis bukan kendala soal itu, karena sekali lagi.. dua band ini keren2.

    oiya, artworknya juga eman..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s