Sebuah presentasi singkat mengenai kumpulan singel dari empat band cadas kota Malang. Karya-karya terbaru dari satwa hadkor yang sinting, unit metal yang solid, calon monster death metal yang skillful, serta peracik sludge-metal yang misterius…

Primitive Chimpanzee ‘Blasteran Gendruwo’
Krossover ugal-ugalan asal kota Malang ini baru melempar singel gratis melalui Megavoid. Konsep musiknya tetep kurang ajar. Meramu irama metal, punk, dan hardcore dalam satu sangkar yang penuh dengan aura hewani. Liriknya berbahasa jawa, lugas dan kasar. Gindung [bassist] sempat mengatakan kalau lirik buatan Viktor [vokalis] itu bercerita soal kisah absurd perjalanan spiritual ke dalam hutan belantara untuk mencari sebuah kitab suci dan bertemu iblis penjaga yang mereka namakan Blasteran Gendruwo. Sakit!
Unduh gratis di sini.

Silence Is Broken ‘Hesitate’
Silence Is Broken menggempur telinga lewat singelnya yang keras dan bertenaga. Mereka sekarang memajang line-up anyar dengan barisan wajah yang sebelumnya aktif di grup band Sekarat, Throne of Tyrants, Keramat, dan Rottenomicon. “Hesitate” yang melaju bak Lamb of God bertemu Bolt Thrower ini memacu riff-riff gitar yang old-school dengan deru bass dan drum yang cepat. Singel ini jadi alat tempur baru mereka untuk beraksi kembali di jagat raya scene musik metal.
Unduh gratis di sini.

Hellhound
Saya dibikin terkejut lewat kover lagu milik Metallica yang mereka gubah dengan brutal. Apik. Solid. Band yang tergolong baru ini memiliki skill musik yang mumpuni, jika dilihat dari komposisi musiknya yang cukup teknikal dan penuh presisi. Saya baru menonton satu kali live mereka di acara gigs Rengeng-Rengeng Rockmadhan, bulan puasa lalu. Jika mereka bekerja keras, Hellhound bisa menjadi monster yang berikutnya di ranah musik cadas kota Malang.
Cek lagu-lagunya di sini.

Harass
Saya baru tahu ada unit pengusung musik sludge-metal di kota Malang melalui sebuah situs musik lokal. Damn! Komposisi musiknya lumayan menarik. Menjanjikan. Potensial. Uniknya, metalheads lokal tidak banyak yang tahu band ini beserta siapa saja orang-orang yang ada di belakangnya. Band yang misterius, cenderung anonymous. Saya berpikir positif saja, semoga itu adalah strategi mereka untuk tiba-tiba mengejutkan kita suatu hari nanti. Jika waktunya sudah tiba…
Simak karyanya di sini.

*Tengok dan nikmati juga kumpulan singel favorit saya lainnya dalam proyek bersama Solidrock di sini.