photo by norman hs / happipolla photoworks

Jumat siang lalu, 31 Agustus 2012, saya diberitahu oleh seorang kawan bahwa Nova Ruth baru saja menerima penghargaan dari sebuah lembaga internasional. Saya tidak paham apresiasi macam apa lagi yang didapat oleh kawan kami yang memang cukup getol dalam bermusik, berkesenian dan berkarya itu. Segera saja saya coba selidiki informasi yang dimaksud melalui halaman jejaring sosial milik seniman/musisi yang bernama asli Nova Ruth Setyaningtyas itu.

“Lined up with the greatest artists all over the world. Speechless.” Begitu kalimat yang termuat pada halaman Twitter milik @novaruth. Lengkap dengan tautan situs internet dari lembaga yang mengabarkan tentang informasi tersebut; http://www.kindleproject.org/blog/2012/08/30/announcement-of-2012-makers-muse-recipients/  

Secara garis besar, Nova Ruth dikenal sebagai seorang musisi, rapper, mc, dan seniman. Jika menilik pada profil dan segudang aktifitas yang telah dilakoni, perempuan ini juga layak disebut sebagai aktifis di berbagai bidang. Mulai dari dunia musik, seni, budaya, media, perempuan, hingga lingkungan hidup. Terus terang, saya agak kewalahan untuk menyebutkan satu-persatu aktifitas maupun karyanya. Blog pribadinya, www.novaruth.com, mungkin bisa sedikit mewakili hal-hal tersebut.

Hari itu juga, setelah membaca komplit berita pada tautan di atas tadi, saya mengirimkan tiga buah pertanyaan sederhana melalui email kepada Nova Ruth – yang langsung dibalasnya beberapa menit kemudian…

Selamat, anda baru saja terpilih sebagai salah satu orang yang menerima penghargaan Kindle Project Award for the 2012 Makers Muse Artist Awards. Bagaimana kabar menggembirakan itu datang kepada anda?
Prosesnya sudah lama. Sampai saya mencapai tahap ke-empat, yaitu interview terakhir pada kurang lebih satu bulan yang lalu. Tiba-tiba saya di-email oleh salah satu dari mereka, dan diberikan detil bahwa saya masuk nominasi. Perasaannya bangga, senang, terkejut dan merasa butuh lebih bertanggung jawab akan apa yang saya perbuat dan katakan.

Apa dan siapa itu Kindle Project Award for the 2012 Makers Muse Artist Awards? Pernahkah terbayang kalau nama anda bisa masuk ke dalam list mereka?
Silahkan bertanya pada mereka tentang Kindle Project melalui http://www.kindleproject.org/, karena mereka yang lebih berhak untuk menjelaskannya. Tapi yang saya tahu mereka adalah sekumpulan orang yang mencintai seni dan ingin membantu seniman di bagian dunia manapun. Yang mendaftarkan diri bukan saya sendiri. Sampai sebelum wawancara, saya masih belum tahu apa-apa tentang proyek ini. Memang sistemnya begitu. Seorang teman yang mengerti apa yang saya kerjakan mencoba mendaftarkan tanpa sepengetahuan saya. Dan itu memang proses yang ditawarkan oleh teman-teman di Kindle Project. Memberikan kejutan bagi para seniman yang mereka pikir kompeten.

Anda adalah satu-satunya seniman Indonesia yang masuk dalam list ini. Seberapa penting penghargaan ini bagi anda? Bagaimana pengaruhnya bagi karir dan aktifitas kesenian anda ke depan?
Menurut saya, setiap penghargaan yang diberikan itu adalah tantangan. Entah itu dari orang tua, orang lain atau teman sendiri. Pengaruhnya bagi saya adalah menjadi cambuk untuk membuat saya lebih dan lebih kreatif lagi.

*Artikel wawancara saya dengan Nova Ruth yang lebih komplit dan panjang bisa disimak di situs Jakartabeat.