“10 hari terakhir adalah fase pembebasan dari api neraka.” – kutipan.

playlist kali ini akan berupa kumpulan singel favorit yang paling sering saya putar belakangan ini, dan dikemas spesial dalam bentuk mixtape yang bisa diunduh gratis. ya, lagu-lagu berikut akan tampak random sekali, multi-genre dan sangat menjunjung tinggi ke-bhineka-an jenis musik. pluralisme?! mmmhhhh….
well, mixtape ini sekaligus mengakhiri proyek playlist sepuluh harian selama bulan puasa kemarin. akhir kata, selamat hari raya idul fitri 1433 h. mohon maaf lahir batin. met lebaran!…


diamond head – am i evil
kenal lagu ini dari mulutnya james hetfield & metallica?! itu wajar, saya pun demikian. malah dulu saya pikir ini memang lagunya metallica. ternyata tidak. band cadas lawas asal inggris, diamond head, yang punya lagu ini. versi aslinya bertempo sedang, vokalnya lebih clean dan melengking. soundnya khas rock klasik, tapi tetep nendang di telinga. mau dimainkan oleh siapa saja, lagu ini tetep jadi favorit saya.

akphaezya – hubris
inilah yang saya sebut anak-anak haram hasil skandal mike patton dan carla bruni. tembang ini mengaduk-aduk secara kasar elemen thrash, metal, goth, hingga jazz bahkan swing. rumit? ya, agak rumit seperti nama bandnya. tapi tenang saja, avantgarde itu kerapkali membahagiakan.

feist – graveyard
saya pernah bilang, seketika jatuh hati pada mbak yang bersuara seksi ini semenjak dia berkolaborasi dengan mastodon. ini track favorit saya dari album ‘metals’. musiknya pelan, menghanyutkan. suara vokalnya cukup menghantui. leslie feist bahkan nekat membangkitkan mayat-mayat dari dalam kubur, “Whoa-ah-ah-ah-ah-ah, bring them all back to life!”

baroness – back where i belong
baroness memainkan baladanya dengan cantik di lagu ini. sekilas tampak sederhana, jika tidak ditimpali layer-layer gitar dan efek yang bertumpuk. meski nekat menyisakan distorsi yang cukup tipis, lagu ini tetap masih terasa keras sekaligus berat. sebelumnya, art-rock belum pernah sesimpel dan semodern ini.

faith no more – falling to pieces
faith no more adalah unit rock/metal/funk terbaik yang pernah lahir di era 90-an. band ini juga jadi proyek mike patton yang paling catchy dan manusiawi. ‘falling to pieces’ tidak pernah gagal untuk mengajak saya ikut sing-along sendirian.

shining – for my demons [katatonia covers]
terus terang, saya belum pernah mendengarkan versi asli lagu ini dari katatonia. tapi kayaknya tidak terlalu jauh berbeda kalau menilik dari berbagai review yang ada. pesona petikan akustik, irama doom, serta vokal yang depresif adalah senjata utama pada track ini.

kobra – bisa ular [demo version]
kobra memainkan musik punk rock yang penuh hasrat dengan vokal feminim yang manja nan kerap fals. mereka memang kobra, dan lagu ini tentu berbisa. ini versi raw-demo yang bisa jadi racun!

kings of leon – use somebody
saya menemukan aroma 90’s alt/rock yang tidak biasa di tembang ini. solo gitar di bagian akhir lagu ini adalah momentum terindah. saya duga, tuhan dalam mood yang paling bagus ketika menciptakan pita suara bagi caleb followill. saya penasaran apa merk beer yang biasa dia minum, vokalnya istimewa. fuck your idols!

daft punk – digital love
musik elektro-dance jarang seindah ini. opa-opa tua asal prancis ini tahu benar bagaimana cara untuk menyenangkan cucu-cucunya di sebuah pesta perpisahan sekolah. bahkan para guru yang paling killer pun akan turun ke lantai dansa dan ikut bergoyang gembira. fun.

the smashing pumpkins – stay [u2 covers]
billy corgan bisa menghargai karya bono dkk dengan caranya sendiri yang rusuh serta seenaknya. suara sengau, senar gitar yang agak fals, dan akhirnya ‘stay’ tidak pernah terdengar sama lagi…

stars – heart
musically, keren. lirically, ini seperti menyimak dialog yang paling intim dari sepasang kekasih yang terjadi di atas ranjang tidur mereka. cukup menyentuh. ada nuansa romantis, haru sekaligus perih di lagu ini – dengan ending cerita yang masih misterius dan belum bisa ditebak.

pink floyd – wish you were here
saya selalu terhenyak diam ketika david gilmour dkk sudah memasuki bagian lirik, “we’re just two lost souls, swimming in a fish bowl, year after year.” sudah jelas, ini lagu rindu terbaik yang pernah dibuat di atas bumi.

johnny cash – hurt [nin covers]
ketika mendengarkan versi ini, pentolan nine inch nails, trent reznor, langsung bilang “lagu itu sudah bukan milik saya lagi.” pendapat saya, “hanya dengan gitar akustik dan vokal pria yang rapuh, lagu ini punya potensi yang sangat mematikan!”

*mixtape ini bisa diunduh gratis melalui link berikut ; 14.33