@cecekpawon

Nama aslinya sesuai KTP dan ijazah adalah Yuda Wahyu Saputra. Dalam pergaulan di darat lebih akrab dipanggil Citul, sedangkan di dunia maya dia pake nama Cecek Pawon. Konsumen kopi dan Gudang Garam Filter yang mengendarai motor Honda lawas ini sudah eksis di scene musik lokal Malang sejak era 90-an lewat beberapa institusi; Wodka/FAP [punk band], Horrid Truth [grindcore band], Extreme Decay [grindcore veteran], dan Apokalip [webzine]. Saat ini, dia masih tetap di Extreme Decay sambil mengelola Krakenstein dan Megavoid. Di dunia nyata memang sering tampak pendiam, namun di dunia maya dia cukup berjaya!…


Sudah berapa kali anda batal puasa?
Halo malaikat. satu kali, medan terlalu berat.

Saya penasaran, mahluk apakah Krakenstein itu?
Krakenstein.net adalah induk semang bagi semua proyek yang sudah atau sedang saya jalani. Web design & script developer, free & commercial.

Apa yang mendasari anda bikin ensiklopedia musik, Megavoid.net?
Kloning & merge situs luar Metalstorm, Discogs, Metal Archives bagi nusantara dan cadas only. Pingin unik, terdepan, dan meluruskan. Wadah utk musik, album, photos, videos, merch & label. Awalnya saya dedikasikan penuh untuk kota saya, Malang. Sempat jalan sebulan penuh di awal (April 2012). Lalu mikir lagi, sampai kapan kita mau sempit & mengekslusifkan diri seperti itu. Di panggung Megavoid ini, Sucker Head (1989) & Hellhound (2012, idola baru saya) berdiri sejajar di ketinggian yang sama. Berbaur dan saling angkat. Bukan saya tak cinta Malang, teramat cinta malah, hingga nekat melebarkan port di Megavoid demi membakar batas-batas itu.

Tujuannya memang untuk mendokumentasikan bands dan karyanya?
Tujuannya kira-kira semulia ini; Sebagai pengarsipan, kliping, dokumentasi, rilis digital karya-karya musik lokal untuk di-kliping bersama ke dalam timeline per dasawarsa, sesuai tahun pembentukan band dan domisili, label + tahun + metode + kemasan + catatan perilisan, kelompok genre, dll sebagai bukti otentik atau potret perjalanan serapan budaya musik tanah air, dari tahun 90-an silam dan hingga sekarang ini.

Sejauh ini seperti apa statistik pengunjung Megavoid.net?  
+1K Unique visitors/Month, +hits 30K/Month, 70% Indo. Sangat wajar.

Anda juga seorang freak di bidang komputer dan internet, lalu program dan aplikasi apa lagi yang sudah anda bikin selama ini?
Situs record label, radio, properti lokal. Userscripts + PHP.

Oke, mari bicara tentang kesibukan anda dalam bermusik. Apa kabar Extreme Decay?
ExDx lagi tidur panjang. Lagi nyoba bikin proyek anthology, semacam the best of. Track sudah di-filter, kalo boleh ExDx akan start awal bulan setelah fitrah besok. Diam-diam saja ya…

Baru-baru ini saya baca di sebuah akun Facebook, akan ada proyek album kompilasi Tribute To Extreme Decay ya? Siapa saja band yang anda harapkan masuk dalam proyek itu?…
Benar. mengharukan. Proyeknya adek-adek Rajasinga dan Tyranny. 30 bands, internasional, rilis fisik awal 2013 besok. Tentunya semua teman-teman lama ExDx di proyek lamanya dulu, dari dalam maupun luar negeri. Kalo toh slot itu nantinya kepenuhan, solusi final biar ditanggung Megavoid, seperti biasa. Apresiasi band-band muda malah saya elukan. Bisa jadi flashback yang sempurna. Seliar ExDx 10 tahun silam. Join us di http://www.facebook.com/groups/214730748652341/

Sebesar apa kecintaan anda terhadap Sheila On 7…
Sangat fanatik! Sulit dilukiskan dengan kata-kata. Lebih tepatnya karena saya tak pandai melukis.

Jika ketemu Eross SO7, apa kalimat pertama yang anda ucapkan padanya?
Halo Eross, boleh kita bertukar band? Atau nasib? Haha.

Film terakhir yang anda tonton dan menyesal karena ternyata buruk banget?
– A Thousand Words (2012)
– Arisan! 2 (2011)
– A.C.A.B.: All Cops Are Bastards (2012)
– Ghost Rider 2: Spirit of Vengeance (2011)
– Safe House (2012)

Boleh tahu apa saja lima album musik yang anda setel dalam rotasi tinggi akhir-akhir ini?
– Downtown Torpedoes – You Can Do It
– Caravan of Anaconda – Kabar Dari Krematorium Kartika
– Pig Destroyer – all albums
– ALICE – Delta Apokalips (Single)
– Dr. Living Dead – Dr. Living Dead!

Terakhir, kopi terbaik adalah kopi yang…..
Pekat dan bernyawa!

*Yuda Wahyu Saputra biasa nongkrong dan mengoceh pake nama ‘Cecekpawon’ di Facebook dan Twitter. Selain Megavoid, proyek karyanya yang lain bisa disimak pada blog-nya.
*Kami juga sempat berbincang tentang “Seperti apa band kudunya memperlakukan internet, jejaring sosial dan situsnya”. Opini dan pemikirannya yang panjang, detil, dan menampar tentang topik panas itu akan saya posting-kan nanti saja dalam sebuah fitur artikel khusus.