ristri putri @ abbey road uk [dok. knee & toes]

Ristri Putri adalah separuh dari Knee & Toes. Duo akustik folk/pop yang dia gawangi bersama Bie Paksi itu makin sering tampil dalam berbagai jenis pertunjukan di kota Malang. Live show-nya cukup anggun, elegan dan memukau. Tidak banyak yang tahu kalau Knee & Toes sudah pernah tur keliling Inggris, tahun 2011 silam. “Suara vokalnya sangat empuk dan bening,” kata kawan saya. “Perempuan yang bisa maen gitar itu juga seksi!” tambahnya. Inilah perbincangan ringan saya bersama gadis yang selalu tampak ceria dan humble itu…

Kabarnya anda kemarin ujian thesis, gimana hasilnya?

Alhamdulillah, LULUS! hahaha. terima kasih doanyaaa!…

Apa sih topik thesis anda itu?

Tentang minat entrepreneur pada siswa usia sekolah menengah atas. Lagi tertarik sama yang berbau entrepreneur nih.

Dari mana anda belajar memainkan gitar? Siapa yang mengajari anda?

Dulu dari buku musik dan chord, waktu jaman SMP. Waktu itu sih lebih banyak otodidaknya, sambil sharing sama temen-temen di sekolah. Sekarang menimba ilmu secara informal ke mas-mas master gitar di kota Malang, dan baca-baca di internet (ini surga ilmu juga, hahaha).

Gitar apa yang anda pakai saat ini?

Saat ini saya lagi gandrung sama gitar Taylor saya, kenalkan namanya Tea..

Siapa saja gitaris favorit anda?

(Mencoba mengingat-ingat daftar list yang panjang)

Gimana ceritanya kok bisa Knee & Toes tur ke Inggris?

Ceritanya saya suka posting video cover di You Tube. Lalu ada teman dari Inggris yang suka dan kami kenalan di Facebook. Dari situ dia tau tentang Knee & Toes, dan pada suatu kesempatan dia mengundang kami untuk mengenalkan lagu-lagu kami di sana.

Manggung di mana aja itu?

Ada list lumayan panjang juga nih. Hehehe. Kami ke tujuh kota di Inggris, ngider dari satu tempat ke tempat lain, sampai 30 venue.

Gimana respon penonton di sana? Apa mereka tahu kalian dari indonesia?

Tentu saja mereka tahu kami dari Indonesia. Sebelum tampil kami selalu memperkenalkan diri bahwa kami dari Indonesia, sambil menjelaskan common mistake bahwa Bali itu di Indonesia. Yang lucu, beberapa kali mc/host di sana salah mengira kami dari Thailand atau Filipina. Respon orang di sana sangat asyik. Kami merasa dihargai dan musik kami dinikmati betul-betul sama mereka. Setelah kami turun panggung, kami sampai dihampiri, disapa, kenalan, ditanya-tanya, dan mereka membeli CD Knee & Toes.

Knee & Toes sering dianggap menyerupai Endah N’ Rhesa…

Menyerupai itu betul. Consist of two young cute and smart people. Hahaha. Well, secara formasi kami mirip, namun kalo dilihat dan didengarkan lebih dalam lagi, kami berbeda lho. Alat musik yang dibawa dan sense of music kami pun berbeda. Konsep yang kami bawakan juga berbeda. Mungkin pengennya yang bisa sama itu semoga kita bisa mengikuti jejak mereka juga yang sukses di jalur indie ya, kalau boleh sih bisa lebih.

Dari mana biasanya inspirasi anda dalam menulis lirik?

Darimana saja. Di Knee & Toes saya banyak sharing sama partner saya, @BiePaksi karena biasanya ada pesan, kode, dan kata rahasia tertentu di dalam lagu yang ingin disampaikan ke pendengar.

Kapan Knee & Toes akan menyanyikan lagu Metallica?

Sesegera mungkin, bahasa gaulnya as soon as possible. Lagunya? Yang jelas ini favorit kami. Hehehe.

Sebutkan 5 album favorit anda saat sedang menggarap thesis…

  1. Angus & Julia Stones – Chocolates and Cigarette

  2. Angus & Julia Stones – Memories of An Old Friend

  3. Angus & Julia Stones – Down The Way

  4. Pure Saturday – Grey

  5. A Guide to Your Thesis – Rayhan Sudrajat

Waktu saya garap tesis, saya lebih banyak denger radio online. Jadi saya nggak begitu nyetel bermacam-macam album. Tapi waktu nyetel lagu pasti milih Angus & Julia Stones karena lagu mereka bisa buat konsentrasi. Tapi kenyataannya malah bikin saya sing-along. Pure Saturday lagi suka banget setelah beli CD-nya langsung diputar 3 hari 3 malam sambil garap tesis. Hahaha. Kalau “A Guide To Your Thesis” ini benar-benar baru denger karena @samacksamakk tanpa sengaja ngepost di Twitter dan judulnya guweh banget.😀

*Ristri Putri sering berkicau di @ristriputri, sedangkan tentang Knee & Toes bisa dikunjungi di Facebook atau klik situsnya di Sini