Dua malam yang lalu saya terjebak dalam perbincangan yang intens dengan salah satu kawan saya di kotak chatting Facebook. Awalnya kami hanya ngobrol-ngobrol ringan seputar aktifitas sehari-hari, musik, konser, kopi dan beer. Tiba-tiba beranjak agak serius saat kami bergunjing tentang scene musik lokal – khususnya mengenai kerennya band-band yang ada di sekitar kami, perlu tidaknya label rekaman, dan seperti apa sistim distribusi untuk karya rekaman lokal.

Ini menarik. Saya juga sering diskusi seperti ini dengan beberapa kawan sebelumnya, di spot darat maupun di dunia maya. Oya, kawan chatting saya ini pria [ugh!], tidak terlalu muda, dan termasuk salah satu aktifis di scene lokal Malang. Ide, gagasan dan pemikirannya tidak pernah saya ragukan lagi. About to rock, i salute him!…

Iseng-iseng saya coba petik arsip obolan kami berdua untuk dimuat di blog ini. Akh, cuma obrolan biasa nan ugal-ugalan, yang mungkin cuma bisa jadi trigger aja untuk sesi-sesi diskusi berikutnya. Saya adalah saya, dan Beliau adalah kawan chatting saya malam itu [nama asli sengaja dirahasiakan, demi…kian, tanpa alasan apapun!]. Oke, selamat menguping pergunjingan singkat kami malam itu dalam topik panas yang mungkin tidak pernah berakhir…

Beliau
Malang sing kurang sakjane mek 1. label sing apik. band” sing siap rilis wes komplit. ha..ha..
komplit njerit

Saya
betul. tp gak kudu label jg sih
band2 kudune wani rilis dewe
kyk begundal, satcf dkk

Beliau
kenapa harus sendiri?
dgn resiko tekor dll….
he..he..

Saya
kudu rilis sendiri, dng itung2an yg pas mugo2 gak tekor
tekor dikit gpp, asal berkarya haha

Beliau
ha..ha…
sip…
dan secara distribusi? menurutmu hrs gimana?

Saya
distribusi pake kantong2 distro atau titip edar di label / demajors lek iso
distribusi online via internet jg menjanjikan kok
asal promoe apik

Beliau
iyo.
cuman blm ada yg berani nembus demajors
he..he..

Saya
iyo, eman
pdhl lek materie apik pasti gelem kok

Beliau
ha..ha..
pastinya

Saya
di MLG, justru konsumen yg kudu diajari tuku cd band lokal

Beliau
whua..ha…

Saya
mosok 1000 kopi gak payu seh di MLG tok

Beliau
iyo..senengane mbajak

Saya
nah
sakno band’ne

Beliau
jare suport lokal. ternyata slogan saja
ha..ha..

Saya
haha
kudune iso
splak blak, satcf, begundal, sf iso kok nembus 500 kopi buktine

Beliau
menunggu rilisan SF

Saya
yes

Beliau
dan YCR

Saya
nah iku
massa ska yo akeh

Saya
kembali ke komunitasnya kok pastinya
fuck industri musik & label
haha

Beliau
ha..ha..
itung”ane g jelas…

Saya
digoroi tok

Beliau
ha..ha..prosentasene piro ke label? ngerti?

Saya
gak jelas juga
plg 5-20 % tergantung label & bandnya
iku ae baru dibayar stlh biaya produksi & promosi lunas

Beliau
ha..ha..
melas

Saya
tanpa singel & RBT, label iku makin sekarat & bangkrut
gak iso dijagakno

Beliau
he..he..termasuk demajors…?
nek menurutmu demajors iku yoopo…?

Saya
demajors cuma distribusi aja urusnya
band yg produksi, demajors yg jualan
lbh fair sih

Beliau
yoi.

Tiba-tiba, sampai baris ini obrolan kami berhenti. Tanpa ada kesimpulan atau setidaknya kalimat ucapan ‘selamat tidur’. Mungkin kami sudah terlalu lelah memikirkan hal ini. Yah, topik seperti ini seakan tidak akan pernah selesai untuk didiskusikan. Atau mungkin benar, kami berdua hanyalah orang-orang yang susah tidur dan kurang kerjaan untuk menggunjingkan hal seperti ini [lagi?!]. Yah, wacana…

Atau sebaiknya saya melanjutkan perburuan mp3 ilegal, sambil ‘menggoda’ gadis-gadis yang masih melek di sosial media saja?!…🙂

-end-

*Semua abjad, tanda baca, kata dan kalimat pada skrip chatting di atas adalah asli, orisinil, dan tidak pernah melalui proses editing apapun.