Hari Rabu, 11 Juli 2012 lalu, saya ikut mengisi acara “Music & Journalism Talkshow” yang diadakan oleh Common Ground magazine di SMAN 8 Malang. Konon, acara ini merupakan edisi perdana dari rangkaian event CG Goes To School, yang akan berlanjut lagi nanti setelah liburan sekolah dan lebaran. Yah, masih ada beberapa sekolah yang menjadi target redaksi CG magz selanjutnya, menurut penjelasan Uchie Mickey dan para redaksi CG kepada saya siang itu.

Ikut duduk satu sofa dengan saya sebagai narasumber pada talkshow hari itu adalah Ari Bowo [Jurnalis Foto, Antara] dan Rino Anugrawan [redaksi Common Ground magz]. Pagi itu [sumpah, jam 10 itu termasuk masih pagi bagi saya!], acara talkshow ini menjadi satu rangkaian dalam kegiatan Masa Orientasi Siswa [MOS] bagi murid-murid kelas satu. Jadi mau gak mau mereka dipaksa datang dan kudu menyimak sesi kami ini, haha.

Acara yang dipandu oleh duet MC Nadia dan Boncell ini berlangsung cukup seru dan menarik, meski dalam waktu yang cukup singkat. Saya kebagian jatah untuk sedikit membahas soal scene musik dan media independen lokal, serta secuplik pengalaman ketika menjadi jurnalis/kontributor untuk menulis atau meliput sebuah berita/peristiwa musik. Mas Bowo banyak bertutur soal pengalamannya sebagai jurnalis foto, serta peran citizen journalism dan wartawan di dunia global, sementara Rino mempresentasikan stori dan posisi Common Ground sebagai media lokal yang konsisten dalam memotret fenomena kultur anak muda di kota Malang.

Sebagai hiburan di sela talkshow, tampil pula My Beautiful Life yang membawakan sejumlah nomor cantik ke hadapan para siswa SMAN 8 Malang. A nice program. Semoga kegiatan positif seperti ini terus berlanjut dan makin memberi progres yang baik di kalangan anak muda kota Malang.

*Thanks to Uchie, Antok Celz, Rino, Irwan, Nadia, Harsya, Fifan, Boncell, dan semua kru CG yang bertugas hari itu. Tak lupa juga untuk segenap murid SMAN 8 MLG, semoga makin gemar menulis dan ada yang ‘tersesat’ jadi jurnalis handal di masa depan…🙂