Dirgahayu Appetite for Destruction #25

Damn, tadi siang baru tahu lewat artikel di situs stereogum kalau hari Sabtu kemarin, 21 Juli 2012, adalah ulang tahun album Appetite for Destruction-nya Guns N’ Roses yang ke-25. Layaknya sebuah album masterpiece, memang momen seperti ini patut untuk dirayakan oleh penggemar musik rock, terutama para fans GNR. Eits, tapi tanpa balon dan badut, please.

Debut album GNR ini resmi dirilis 21 Juli 1987 oleh Geffen Records, dan meraup banyak respon positif dari media plus kritikus musik. Bahkan album yang konon hingga kini terjual lebih dari 30 juta keping ini sempat memuncaki daftar chart di Bilboard, diganjar 18 platinum, dipatenkan sebagai salah satu album terbaik di berbagai media, serta masuk dalam list 1001 album yang kudu didengar sebelum mati!

Appetite for Destruction termasuk salah satu dari barisan album rock/metal yang pertama kali saya miliki sekitar awal tahun 1990 silam – berjajar mesra dengan album milik Metallica, Helloween, Skid Row dan Iron Maiden di rak kaset.

Bagi saya, dan tentunya hampir semua fans GNR, Appetite adalah karya terbaik dari Axl Rose dkk. Lagu “Sweet Child O’Mine” dengan solo gitarnya yang catchy itu tampaknya sudah jadi lagu wajib di setiap pertunjukan musik sekelas parade atau festival band amatir di era 90-an.

Track favorit saya dari album ini antara lain “Welcome To The Jungle”, “It’s So Easy”, “My Michelle”, “Rocket Queen”, dan “Paradise City”. Selebihnya, semua lagu di album ini memang memiliki daya ledak tinggi. Desain sampul dan sleeve artwork-nya juga keren.

Boleh dibilang, formasi GNR di album ini adalah yang terbaik dan paling durjana sepanjang karir mereka – jika anda pernah tahu akan sederet fakta dan cerita seputar produksi, tur dan promosi album ini.

Welcome to the jungle we’ve got fun and games
We got everything you want honey, we know the names
We are the people that can find whatever you may need
If you got the money honey we got your disease…

Appetite for Destruction adalah manifestasi yang sahih dari idiom sex, drugs and rock n’roll. Album ini telah mengajari dan memberi tahu saya kalau vokalis yang memakai bandana dan hotpant itu sangatlah keren, gitaris yang pake topi sulap itu cukup dingin [baca; cool!], Izzy Stradlin adalah personil favorit saya, dan lagu-lagu keras tenyata memiliki sex appeal yang tinggi.

Oya satu lagi, Marlboro merah dan sebotol Vodka itu adalah kombinasi yang sangat berbahaya!

Kebetulan, beberapa pekan yang lalu saya memesan kaset Appetite for Destruction melalui toko musik online yang ada di Facebook. Yah, seingat saya sejak 1990 sudah sekitar empat atau lima kali beli [kaset] album Appetite. Entah kenapa kok selalu saja hilang, rusak, atau dipinjem teman dan tak pernah kembali lagi. Nah saat ini, saya sudah memiliki lagi kaset Appetite for Destruction di rak, dan hidup saya rasanya kembali komplit!

Ya, meski saya bukan penggemar fanatik GNR, namun album ini ikut mempengaruhi masa belia dan hidup saya sejak beberapa tahun silam. Bagi fans berat GNR, saya pikir Appetite for Destruction adalah sebuah masterpiece yang mungkin tak akan pernah muncul lagi.

Akhir kata, cek di sini apa kata Slash tentang album ini. Lalu, benarkah Appetite itu lebih penting daripada Nevermind-nya Nirvana? Temukan buktinya di sini!

Oke saya pamit undur diri dulu, mau memutar kaset Appetite for Destruction dengan volume kencang!

Cars are crashin’ every night,
I drink n’ drive everything’s in sight,
I make the fire,
But I miss the firefight,
I hit the bull’s eye every night…

It’s so easy, easy,
When everybody’s tryin’ to please me baby,
It’s so easy, easy,
When everybody’s tryin’ to please me…

Advertisements

One thought on “Dirgahayu Appetite for Destruction #25

  1. Pingback: Sepotong Album Yang Brengsek! | sesikopipait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s