MALANG – Sebuah unit stoner rock/metal asal kota Malang, Juggernaut, akhirnya melepas mini album pertamanya pada bulan Juni 2009. Rekaman bertitel Masa Pertengahan itu dirilis gratis dalam format digital melalui netlabel ReloadYourStereo / Apokalip dan berisi lima buah lagu, yaitu Prajurit Perang, Kanibalisme ala Jawa, Jejak Langkah, Nyanyian Anak Rimba, serta Lagu Tentang Kotoran.

Juggernaut adalah tiga orang anggota dari grup band Skolastik, yaitu Dogolkill, Bayu Cahyo, dan Srik. Secara musikal, Juggernaut mengaku dipengaruhi oleh AC/DC, Led Zeppelin, Black Sabbath, Iron Maiden, Metallica, GNR, Candlemass, High On Fire, Mastodon, Sepultura, Deftones, Soulfly, hingga RATM.

Semangat bermusik dan produktifitas Juggernaut cukup layak untuk dicermati. Tuntutan rumah tangga, profesi, serta tempat tinggal yang berjauhan tidak pernah menyurutkan niat trio itu untuk berkarya. Ini seperti obsesi dari karyawan bank, kepala sekolah, dan pegawai negeri yang hanya bisa bertemu sekitar enam bulan sekali.

Dogolkill adalah seorang bapak muda dan karyawan di salah satu bank milik BUMN, serta satu-satunya personil yang tinggal di Malang. Bayu Cahyo menjadi kepala sekolah di Freeport McMoran, Tembagapura Papua. Sedangkan Srik adalah seorang pegawai negeri sipil di kota Bondowoso, Jawa Timur. “Sejak awal kami sadar, Juggernaut mungkin hanya akan fokus bikin lagu di studio dan hampir tidak mungkin untuk tampil live!” kata Dogolkill.

Materi musik untuk mini album Masa Pertengahan itu direkam ketika mereka berkumpul pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2009 di studio AA dan 5Art Studio [Malang]. Untuk proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Elek Taufiq. Dua kawan mereka dari band Sweet Memories, Norman dan Dicky, juga ikut mengisi vokal latar pada track Prajurit Perang. Sedangkan untuk sampul rilisan EP ini didesain oleh Norman Bahagia dan Dogolkill.

Sebelumnya pada masa cuti lebaran tahun 2008, mereka sempat merekam singel Prajurit Perang di AA Studio [Malang]. Versi demo dari tembang tersebut disebarkan secara bebas melalui Galeri MP3 di situs musik Apokalip.com.

Format digital untuk mini album Masa Pertengahan sempat dirilis secara gratis melalui netlabel Reload Your Stereo milik Apokalip.com – lengkap dengan profil band, artwork, lirik, dan foto-foto mereka. Sedangkan untuk format fisik, pernah segera mereka sebarkan dalam bentuk CD kemasan eksklusif, edisi terbatas, dan tentunya tetap gratis. Awal tahun 2012, mini album ini dirilis ulang secara digital melalui Megavoid.net.

cover by dogolkill & norman

Link Download Gratis via Megavoid.

*Naskah ini adalah Press Release yang saya buat untuk peluncuran mini album Juggernaut.