Halo mas Samack.. Perkenalkan aku Woro Dari majalah Hai.. Jd untuk edisi depan kita akan bahas metal issue nih.. Dan aku mau menanyakan ttg perkembangan scene metal di malang..

Untuk komunitas metal yg paling kuat di malang saat ini apa ya mas? Lalu perkembangannya sendiri bagaimana di sana? Mungkin bisa sekalian diceritain sedikit tentang awal mula terbentuknya dan pergerakannya sampai saat ini seperti gimana?

Komunitas metal di malang yang eksis sekarang itu Malang Death Metal Force [MDMF]. Baru terbentuk sih, blm terlalu lama, sekitar dua tahun terakhir. Tapi orang-orangnya udah cukup lama berkecimpung di scene metal lokal. Saya gak aktif di sana sih, tapi yang saya lihat mereka sengaja membentuk komunitas sebagai bentuk eksistensi dan ekspresi kecintaan mereka akan musik metal. Mereka berkumpul, berbagi, dan berkarya sama-sama. Daripada sendiri-sendiri kan mending bersama dan solid…

Apa saja komunitas metal yang berkembang di sana?

Komunitas yang besar dan eksis di malang ya MDMF itu sih kayaknya. Mungkin ada juga beberapa komunitas / squat metal lain, tapi sifatnya lebih insidentil atau periodik. Dulu sempet ada komunitas underground-metal juga, namanya Total Suffer Community [TSC] yang eksis sekitar 1996-1999. Setelah itu belum ada komunitas metal yang ‘resmi’ lainnya, sampai akhirnya muncul MDMF ini. Selebihnya tongkrongan biasa yang tersebar di segala pelosok kota malang. Gak hanya terbatas metal saja, tapi juga nongkrong bareng sama komunitas hardcore, metal, rock, dsb.

Adakah infografisnya? bagaimana perkembangan komunitas metal di sana?

Perkembangan komunitas metal di malang cukup panas kok. Anak metal di malang udah cukup disegani secara nasional sejak awal era 90-an dulu. Dari dulu metalheads malang sudah berkomunikasi dan membentuk jaringan dengan komunitas metal sejenis di luar kota, seperti misalnya di Jakarta, bandung, jogja, bali, surabaya, kediri, semarang, solo, dsb. Sampai hari ini pun masih berkembang baik. Banyak event/konser/gigs metal di sini. Basis fans dan penonton metal pun cukup besar di malang, bisa mencapai ribuan orang untuk sebuah konser metal yang besar.

Kegiatan apa aja sih yg dilakuin para komunitas di sana?? Ada gak masalah apa yang biasanya terjadi dalam komunitas di sana? 

Yah selain nongkrong bareng, berbagi informasi dan wawasan seputar musik metal, komunitas metal di malang juga aktif bikin gigs/konser kecil, atau merancang nonton bareng sebuah konser cadas di luar malang. Mereka Juga mengembangkan band-band lokal yang ada untuk terus eksis, tampil di panggung, atau bisa merilis karya rekaman. Kegiatan yang lain juga ada yang merilis merchandises seperti kaos misalnya. Gak ada masalah krusial sih di dalam komunitas metal. Mungkin hambatannya cuma soal belum adanya label rekaman lokal yang solid dan minimnya rilisan album yang bisa terdistribusikan dengan baik. Perijinan konser memang ribet, tapi masih bisa diatasi.

Tanggapan kalian tentang metal satu jari bagaimana mas?? 

Tidak ada tanggapan!…

Biasanya nongkrong di mana kalau lagi pd kumpul? Trus ada ga sih venue langganan yg sering dipake oleh para scenester metal di sana?? 

Kalau komunitas MDMF nongkrongnya di warung angkringan jalan soekarno hatta malang, rutin setiap malam minggu. Kalau venue-venue yang sering jadi langganan konser metal itu ada Cinemax, KNPI, gedung pramuka, taman krida, dome unmuh, dsb.

Gigs apa yang biasanya  disambangi? Dan intensitas scene metal dalam bikin event seberapa seringkah?? Biasanya sharing stage dgn band kota lain atau bahkan band luar gak di tiap event? 

Nyaris setiap gigs cadas pasti disambangi. Gak melulu konser metal saja kok. Di malang seringkali event-nya itu multi-genre concert, jadi ada metal, hardcore, punk, pop, dsb. Jadi otomatis lebih variatif dan meriah. Kalau event metalnya sendiri juga cukup sering, sekitar 1-2 bulan sekali pasti ada saja. Berbagi panggung dengan band-band luar kota, bahkan luar negeri juga seringkali ada di malang ini. Gigs metal terbesar di malang itu ada beberapa seperti malang death fest, malang rock fest, torture pit, dsb.

Kalau ngeliat perkembangan band2nya sendiri bagaimana mas?? Dari tahun ke tahun perkembangannya seperti bagaimana?? Kalo ngeliat dari varian genre metalnya, seperti apakah perkembangannya??

Kalau band2nya sih banyak sekali ya di malang. Hampir tiap anak metal punya band deh kayaknya. Dari tahun ke tahun otomatis makin banyak, secara kuantitas. Secara kualitas, memang baru beberapa yang tampak keren dan berkembang pesat. Kalau dilihat dari beberapa konser metal terakhir, rasanya band bergenre death metal dan metalcore yang paling banyak mendominasi di malang.

Band apa sih mas yang paling disegani disana.. Atau bisa dibilang band tetuanya.. 

Band metal malang yang cukup mantap dan keren itu ada screaming factor [metalcore], anorma [melodic death], sekarat [death metal], keramat [death metal], nadi [death metal], rottenblast [death metal], dan masih banyak lagi. trus yang terbaru dan berbahaya sekarang ada rottenomicon, band anyar yang personilnya para veteran all-stars dari rotten corpse, keramat dan screaming factor. Nah, ini patut diantisipasi, mereka calon monsternya!…

Ada gak sih gebrakan yg akan kalian buat dalam jangka dekat ini?? 

Gosipnya sih bakal ada gigs / konser metal yang cukup besar di malang. Gebrakan lainnya, mungkin beberapa bands akan segera merilis rekaman albumnya. We hope so.

Sekiranya itu dulu mas samack.. Mgkn nanti saya akan mengembangkan jawaban setelah membaca jawaban dari mas samac…

Yups, sama-sama ya woro. Btw, saya sebenarnya sih bukan anggota resmi MDMF, hanya seorang metalhead yang sering bikin event gigs/konser bersama Kolektif Radiasi & AV production, juga sekarang sedang mengelola Solidrock [music publishing company] serta menjadi jurnalis musik di jakartabeat.net dan beberapa media lain.

*Ini draft wawancara saya melalui email sama Woro dari Majalah HAI untuk edisi Metal Issue.