“Industrial music is a style of experimental music that draws on transgressive and provocative themes. In general, the style is harsh and challenging.” [wikipedia]

 

Ada suatu masa di mana saya pernah sangat tergila-gila dengan musik industrial. Semuanya berawal sejak saya membeli mini album “Broken”-nya Nine Inch Nails di sebuah lapak kaset bekas di kota Bandung, tahun 1994 silam. Dari sana saya mulai menelusuri jejak-jejak irama industrial milik Ministry, KMFDM, Godflesh, Pitchshifter, Skinny Puppy, dan masih banyak lagi. Saya pun langsung terpesona dengan beat-beat mekanis, riff gitar yang distortif, vokal berat yang penuh amarah, lirik provokatif dan nihilis, serta suara latar bebunyian logam yang selalu beradu.

Terus terang, industrial rock/metal sempat jadi identitas baru saya di era 90-an. Ikut mengajarkan saya pada kultur tape-trading, cassette culture, hingga digital music atau netlabel. Mereka menggoda saya untuk terus membuka katalog musik dari label rekaman macam Relapse/Release, Earache, KKK, atau Cold Meat Industry. Dan pada akhirnya jenis musik ini juga yang mengantarkan saya pada halaman baru tentang eksperimental, noise, harsh, ambient, elektronik, techno, EBM, darkwave, serta genre-genre musik aneh lainnya.

Ketika mendengarkan musik jenis ini, saya nyaris sendirian. Saat itu, saya hanya punya Bedjo dan Ook yang bisa diajak rembug tentang scene industrial. Selebihnya, kawan-kawan saya yang lain masih setia mendengarkan musik keras yang lebih ‘aman dan standar’ – metal, hardcore dan punk. Ketika liburan ke Bandung, saya sempat berkenalan dengan personil Mobil Derek, lalu dikasih kaset rekaman album lawas Nine Inch Nails, Ministry, Marilyn Manson dan KMFDM secara cuma-cuma. Informasi tentang musik/band industrial lainnya hanya bisa saya temukan lewat media cetak, katalog, koresponden, dan sampai akhirnya mengenal internet di era 2000-an.

Berikut ini sejumlah track industrial yang sempat menjadi playlist rutin saya di dalam kamar, beberapa tahun silam. Well, semoga telinga kita semua ter-industry

Tracklist

01. NINE INCH NAILS WISH”

02. MINISTRY “THIEVES”

03. KMFDM “A DRUG AGAINST WAR”

04. GODFLESH “SPITE”

05. PITCHSHIFTER “[A HIGHER FORM OF] KILLING”

06. SKINNY PUPPY “TORMENTOR”

07. FEAR FACTORY “SELF IMMOLATION” [DEMO,1991]

08. THROBBING GRISTLE “CONVINCING PEOPLE” [LIVE IN TURIN,2005]

09. KOIL “KARAT”

Industrial music for industrial people,

-samack-


Note ;

– Ini karya mixtape saya untuk proyek Tempertantrum, sebuah eksebisi audio visual yang diselenggarakan oleh Bejana Kultur bekerja sama dengan Majalah Sintetik dalam rupa pameran mixtape dan artwork. Komplitnya cek aja di sini

– Btw, mixtape ini masih edisi pertama yang lebih basic dan agak mainstream. Rencananya saya akan bikin edisi kedua dengan lagu-lagu industrial yang advanced dan lebih underated. Thanks untuk Hilmi & Omink dari Majalah Sintetik & semua kru Tempertantrvm atas kesempatan berbagi selera musik/lagu semacam ini.