photo by hendisgorge

Rangkaian Shai Hulud ; Misanthropy Pure Indonesian Tour akhirnya hadir juga di hadapan mata. Sebelumnya sempat dikira hanya rumor belaka. Malaysia sudah terlebih dahulu confirmed untuk tour ini, dan bikin fans hardcore nusantara iri. Nyatanya, Shai Hulud juga menginjak daratan Indonesia dan bahkan manggung di tiga kota sekaligus!…

Shai Hulud adalah veteran hardcore/punk asal kota Florida [AS] yang cukup populer serta memiliki banyak penggemar fanatik di negeri ini. Sejak terbentuk pada tahun 1995, mereka sudah merilis tiga album penuh dan telah berkali-kali ganti personil, bahkan sempat vakum sekian lama.

Sehari setelah show di Jakarta, Shai Hulud langsung beranjak ke kota Malang dan manggung di MIG Pool & Café, 03 Mei 2010 lalu. Promotor Holding True dan organiser lokal Nitro Production yang berhasil membawa band itu untuk tampil di kota Malang. Formasi Shai Hulud saat ini adalah Matt Fox [gitar], Matt Fletcher [bass], Tim O’Leary [gitar], Matt Covey [drum], dan Mike Moynihan [vokal].

Sejak petang, venue mulai didatangi penonton ketika sejumlah band lokal tampil membuka acara. Total ada enam band domestik yang didapuk sebagai opening act, di antaranya ada Crucial Conflict [Surabaya], Serigala Malam [Jogja], dan Breath of Despair [Malang]. Booth merchandise khusus juga tersedia di dalam venue. Tampak jajaran kaos, celana pendek, CD dan piringan hitam Shai Hulud dijual dengan harga yang ‘worthed’ di atas meja.

Shai Hulud direncanakan mengguncang panggung sejak jam delapan malam. Kerennya, mereka mengeset instrumennya sendiri, tanpa bantuan seorang kru! Namun hasilnya sangat luar biasa. Lebih dari 200-an kepala disuguhi formula musik yang keras dan menghentak dengan kualitas sound yang prima. Apakah ini yang sedikit membedakan ‘kualitas’ band pribumi dan bule?! Entahlah, nyatanya memang tidak sama jika kita musti jujur di hari itu.

Setlist Shai Hulud malam itu cukup ‘fair’ dengan memadukan lagu-lagu dari tiga koleksi album mereka. Terdapat hits lawas seperti Profound Hatred of Man, This Song, dan For The World. Stok dari album terakhir seperti Venomspreader, Set Your Body Ablaze, dan Misanthropy Pure jelas dibawakan juga. Sejak awal, areal moshpit sudah menjadi kacau dan brutal. Moshing, pogo, stagedive, circle-pit, bahkan aksi salto berkali-kali hadir di tengah arena. Pemandangan yang sungguh seru dan chaotic.

Sang vokalis, Mike Moynihan, sempat usil menawarkan kover lagu Slayer pada penonton. Sebagian metalhead jelas girang mengiyakan, namun dominasi darah hardcore kids agak kurang sepakat dengan tawaran itu. Akhirnya justru lagu Linoleum milik NOFX yang dimainkan. Moshpit jelas semakin kacau dan brutal akibat histeria crowd yang sudah akrab dengan tembang klasik tersebut.

Setelah dua kali encore akhirnya Shai Hulud mengaku kehabisan stok lagu dan musti mengakhiri performa mereka. Matt Fox dkk tampak puas, begitu juga raut muka para penonton. Yah, malam itu anak-anak muda tampak begitu enerjik. Semangatnya juga kelihatan berkobar-kobar. Yah, memang begitulah show hardcore itu semestinya!…

SETLIST SHAI HULUD @ MALANG CITY HARDCORE [03/05/10]

1. Profound Hatred of Man

2. This song ; For The True and Passionate Lovers of Music

3. Venomspreader

4. For The World

5. Set Your Body Ablaze

6. Scornful of The Motivies and Virtue of Others

7. Faithless

8. Hardly

9. Misanthropy Pure

10. My Heart Bleeds The Darkest Blood

11. Solely Concentrating On The Nagtive Aspects of Life

12. Linoleum [NOFX Covers]

PS ; Setelah main di Malang, Shai Hulud rencananya tampil juga di kota Solo keesokan harinya [04/05]. Namun sayang, ternyata pertunjukan di Solo dibatalkan karena konon terganjal masalah perijinan dan keamanan setempat.

 *Artikel ini dimuat di Majalah TRAX, edisi Juni 2010.