Menjangkau Omah Munir Ketika 49-39=10

orang baik harus berani

orang baik harus berani

“Aku harus bersikap tenang walaupun takut, untuk membuat semua orang tidak takut” – Munir Said Thalib (1965-2004)

Siang hari itu, 08 Desember 2014, sekitar jam 13.39 WIB, saya menyalakan motor bebek tua saya dan bercita-cita meluncur ke kota Batu, sekitar 20 km dari rumah saya di Malang. Di teras rumah, saya sempat berdiri dan menatap langit sebentar. Cuaca sudah mendung dan memang hampir tidak ada sinar matahari sedari pagi tadi. Mengkhawatirkan. Ah, nekat saja, pikir saya. Kayaknya tidak [bakal] hujan. Semoga. Sambil menghibur diri bahwa ini hanya ancaman mendung yang menantang nyali saja. Harus dilawan!

Beberapa detik kemudian, keputusan saya sudah bulat. Memasukkan gigi persneling satu dan berangkat santai dengan kecepatan rata-rata 40-50 km/jam, sembari menikmati suhu sejuk akibat cuaca mendung serta jalanan yang agak ramai menuju kota Batu. Semilir angin yang dingin ikut menyapu wajah saya, siang itu.

Continue reading ‘Menjangkau Omah Munir Ketika 49-39=10′

Atlesta “Sensation”

Atlesta "Sensation" at RSI website

Atlesta “Sensation” at RSI website

“Sensation” merupakan singel terbaru dari Atlesta, sebuah unit pop asal kota Malang. Lagu ini termuat dalam album kedua mereka bertitel Sensation, yang telah diedarkan melalui label Monev Records dalam format CD dan versi digital via iTunes, bulan September 2014 lalu.

Album Sensation boleh dibilang sangat berbeda dari album pertama Atlesta, Secret Talking, yang dirilis dua tahun silam. Perbedaan itu tampak jelas pada sisi musikal, brand image, hingga konsep keseluruhan yang diusung.

Continue reading ‘Atlesta “Sensation”’

Revisited; 4Dischord Original Live Recording Harvest

4Dischord [Spills Recs, 2002]

4Dischord [Spills Recs, 2002]

Semua ini berawal dari proyek survei Fakhri Zakaria [Jaki] tentang Album Live Terbaik Dari Band Indonesia yang bikin saya menoleh pada rilisan ini, 4Dischord Original Live Recording Harvest [Spills Records, 2002].

Melalui jaringan WhatsApp, saya sempat ngobrol banyak dengan Jaki soal serba-serbi album live di negeri ini. Ditanyai macem-macem. Saya jawab asal-asalan aja, lha wong itu pas jam kerja. Entah gimana ceritanya si blogger handal dan periset ulung di (((KHAZANAH))) musik Indonesia itu kok selo banget pada jam kerjanya di kantor.

Setelah itu, saya melirik ke rak koleksi rekaman. Mengambil kaset 4Dischord, membuka sampulnya, menyimak semua teks dan gambar/foto yang ada di sana, membaca liner notes-nya yang historik. Tersenyum. Kagum. Anjing edan!

Continue reading ‘Revisited; 4Dischord Original Live Recording Harvest’

Menguping Hasil Ekstraksi Bebunyian Yang Tersimpan

pic taken from netz

pic taken from netz

Kesan pertama ketika mendengarkan Somnium, Kekal, Existence, dan Bergegas Mati. Juga menengok Chewing Sparkle, Glovves, Silampukau, hingga kolaborasi Morgue Vanguard X Still. 

Belakangan, saya jadi sering mendapat email dan tautan dari label rekaman maupun band domestik yang sedang rajin mempromosikan karyanya. Tentu saja semuanya saya baca, klik dan dengarkan musiknya. Ada yang menarik, ada yang biasa, dan selebihnya juga ‘sampah’. Sori.

Berikut ini sebagian materi yang sudah saya ekstrak, dan coba diulas dalam narasi yang sesingkat-singkatnya.

Continue reading ‘Menguping Hasil Ekstraksi Bebunyian Yang Tersimpan’

Top Five Songs About Sumpah Pemuda

"Hey, what's your top five songs about Sumpah Pemuda?..."

“Hey, what’s your top five songs about Sumpah Pemuda?…”

Beberapa hari lalu, tepatnya pas 28 Oktober 2014, saya iseng-iseng posting gambar di atas via akun Path, sembari menulis, “Kalo misalnya Jack Black nanya; What’s your top five songs about Sumpah Pemuda? Anda mau jawab apa? Feel free to join.”

Gitu aja sih, ceritanya meniru gaya Barry, seorang karakter penjaga record store yang snob dan diperankan dengan kocak oleh Jack Black di film High Fidelity.

Ini sambil survei kecil-kecilan juga. A fun thing.

Continue reading ‘Top Five Songs About Sumpah Pemuda’

Mereka Lagi Kompilasi, Mereka Lagi Tour

@akulagitour

@akulagitour

Tersebutlah tiga band asal kota Malang yaitu Frank!, Megatruh, dan Young Savages yang sigap merancang proyek kolaborasi dalam bentuk rekaman dan tourshow. Dalam waktu yang relatif singkat, mereka masing-masing tuntas merekam dua lagu andalan, lalu mengemasnya dalam sebuah album kompilasi three-way split, dan langsung tancap gas merangkai tur kecil ke sejumlah kota di Jawa Timur.

Album yang dikasih titel Aku lagi Kompilasi itu prosesnya direkam di Osi Thok Studio [Malang] dan ditangani oleh Onny Maretino Nugroho [The Morning After] selaku sound engineer. Konon kabarnya album tersebut dicetak terbatas dalam bentuk cakram padat dan hanya diedarkan selama masa tur mereka.

Continue reading ‘Mereka Lagi Kompilasi, Mereka Lagi Tour’

Di Balik Sensasi Album Kedua Atlesta

fifan christa of atlesta [photo by hendisgorge / irockumentary]

fifan christa of atlesta [photo by hendisgorge / irockumentary]

“Ibaratnya, kalo album pertama kami itu seperti pasangan yang bercinta di kamar kos, lalu direkam pakai kamera ponsel versi 3gp. Pokoknya main brutal dan kudu cepat orgasme, soalnya takut digrebek warga sekitar. Sedangkan di album kedua ini, suasananya lebih rileks dan berkelas. Seperti bercinta di kamar president suite. Prianya pake jas dan dasi, perempuannya pake gaun. Necis lah. Minumnya juga sampanye atau tequila. Cukup elegan dan romantis seperti apa yang kita tonton di video X-Art, PassionHD atau Joymii. Seperti itulah!” ungkap Fifan Christa, otak di balik Atlesta, saat mendeskripsikan progres musik mereka jelang perilisan album kedua.

Atlesta adalah unit electro-pop yang cukup kesohor di skena musik kota Malang. Membicarakan Atlesta itu memang selalu soal Fifan Christa – sama seperti jika kita membicarakan Nine Inch Nails itu adalah Trent Reznor. Tanpa mengecilkan peran personil atau kolaborator yang lain, Fifan Christa memang mastermind di balik segala konsep musik, lirik, hingga imej yang dibawa Atlesta.

Continue reading ‘Di Balik Sensasi Album Kedua Atlesta’


samack

Axis Blog Award 2012 Nominee


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers